Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diplomasi Angklung Basuki Hadimuljono di World Water Forum

Kompas.com - 23/03/2022, 16:50 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada pemandangan menarik yang terlihat dalam kegiatan World Water Forum (WWF) ke-9 di Dakar, Senegal.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada Selasa (22/3/2022) mengunjungi Paviliun Indonesia. Ia terlihat memainkan alat musik angklung, yang merupakan alat musik tradisional dari Jawa Barat.

Tak sendiri, Menteri Basuki mengajak serta sejumlah delegasi dari Indonesia dan negara lainnya untuk bersama memainkan Angklung.

Para anggota delegasi berbagai negara tampak antusias dan gembira memainkan alat musik goyang ini dengan nadanya masing-masing.

WWF ke-9 tahun 2022 di Dakar ini juga merupakan ajang promosi untuk WWF ke-10 tahun 2024 mendatang yang akan digelar di Bali, sekaligus promosi pariwisata dan event G20 2022.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. mengatakan sebagai tuan rumah WWF ke-10 Tahun 2024 yang akan datang di Bali, Indonesia adalah salah satu negara pemangku kepentingan terpenting dalam bidang pengelolaan Sumber Daya Air. 

"Indonesia diharapkan berkiprah dalam berbagai event penting dalam rangka agenda setting sebelum WWF 2024 sebagai puncak dari proses pembahasan dan negosiasi," kata Endra.

Selain atraksi angklung, di lokasi Paviliun Indonesia juga diadakan beberapa pertemuan dengan mitra strategis seperti Menteri Energi dan Sumber Daya Air Senegal, Usnomali Usmonzoda dan Wakil Pertama Menteri Luar Negeri Tajikistan Khusrav Noziri.

Dari hasil pertemuan itu, Pemerintah Tajikistan mengundang Menteri PUPR hadir di acara 2nd High Level International Conference on Decade for Action "Water for Sustainable Development" (2018-2028).

Acara tersebut nantinya akan diselenggarakan di Dushanbe, Tajikistan pada 6 hingga 9 Juni 2022 mendatang.

Pertemuan juga dilakukan dengan perwakilan Asian Leader, Karishma Oodison dari India dan African Leader dari Youth Forum World Water Council (WWC).

Dengan luas booth 100 meter persegi, Paviliun Indonesia mengusung tema" Recover Together Recover Stronger with Water".

Secara spesifik konten pameran yang ditampilkan dibagi menjadi enam klaster dengan masing-masing tema, yakni 1) Water Resources Conservation, 2) Food, Energy and Water Nexus, 3) Water Related Disaster, 4) Water Resource and Technology, 5) Public Participation in Water Resources Management, 6) Water Related Policy, Financing and Cooperation.

Total terdapat 80 video dan 50 poster yang ditayangkan di Paviliun Indonesia. Mulai dari video pembangunan Ibu Kota Negara (IKN), video pariwisata 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), video promosi tuan rumah Indonesia untuk WWF 2024 di Bali dan video tentang respon Indonesia dalam pengelolaan air.

Paviliun Indonesia merupakan hasil kolaborasi dari Kementerian PUPR bersama antara lain Bappenas, PT. Wijaya Karya, PT. PP, dan beberapa asosiasi profesi (KNI BB, HATHI, INACID, KAI) yang memberikan kontribusi materinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com