Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selera Berubah, Masyarakat Makin Minati Rumah di Atas Rp 1 Miliar

Kompas.com - 23/03/2022, 15:14 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Terjadinya pandemi Covid-19 selama dua tahun terakhir mengakibatkan perubahan terhadap banyak hal termasuk jenis hunian yang diminati.

Berdasarkan Rumah.com Indonesia Property Sale Market Index Q1 2022 ternyata masyarakat lebih cenderung mencari rumah yang kisaran harganya berada di atas Rp 1 miliar.

“Untuk pertama kalinya properti dengan kisaran harga di atas Rp 1 miliar lebih banyak diminati dibandingkan dengan rumah yang harganya berada di bawah Rp 1 miliar,” ujar Country Manager Rumah.com, Marine Novita dalam Webinar Adaptasi dengan Pandemi, Pencarian Rumah Berlanjut, Rabu (23/3/2022).

Bahkan menurut Marine tingkat pencarian rumah dengan harga Rp 1 miliar mencapai angka 52 persen. Sedangkan 48 persen sisanya masih mencari rumah yang memiliki harga di bawa Rp 1 miliar.

Baca juga: Konsumen Bergeser, Generasi Z dan Milenial Dominasi Pencarian Properti

Kisaran harga rumah yang banyak dicari oleh konsumen berada di angka Rp 1,5 miliar sampai Rp 4 miliar.

Sementara rumah yang memiliki harga di bawah Rp 300 juta, tren pencariannya justru semakin berkurang.

“Tren ini menunjukkan bahwa sekarang masyarakat Indonesia sudah lebih siap untuk berinvestasi di sektor properti," jelas Marine.

Terlebih menurutnya, banyak orang yang masih terkendala dalam melakukan traveling lantaran masih berada dalam kondisi pandemi Covid-19.

Karena itu, masyarakat pun mengambil alokasi dana liburan mereka dan memilih berinvestasi di sektor properti. 

Baca juga: Awal Tahun 2022, Konsumen Lebih Percaya Diri Beli Properti

Pada kuartal 4 (Q4) 2021, dikatakan dari sisi indeks harga masih melanjutkan tren kenaikan meskipun hanya sedikit.

Meskipun demikian indeks permintaan properti justru mengalami kenaikan. Hal ini lantaran banyak yang ingin memanfaatkan diskon. 

“Di akhir tahun 2021, orang-orang berlomba-lomba membeli properti karena ada banyak penawaran menarik. Seperti diskon dari developer dan insentif PPN DTP,” tambah Marine.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com