Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Infrastruktur Jalan dan Air Mulai Dibangun di IKN Nusantara

Kompas.com - 23/03/2022, 19:45 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Infrastruktur dasar sudah mulai dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah mengatakan hal ini dalam media gathering di Bogor, Rabu (23/3/2022).

"Kita yang sudah jalan di lapangan jalan logistik harus ada. Jalan kan sudah ada, tapi kan diusahakan masif. (lalu) Air, nggak mungkin bangun kota kalau nggak ada air," tegas Zainal.

Contoh dari infrastruktur sumber daya air (SDA) yang sedang dalam konstruksi adalah Bendungan Sepaku Semoi.

Tak hanya bendungan, infrastruktur SDA lainnya juga dikerjakan sebagai penunjang ketersediaan air bersih di IKN Nusantara.

Menurut Zainal, bila tidak ada fasilitas air dan jalan, maka pembangunan IKN Nusantara tidak akan berjalan.

Sementara bidang perumahan, akan dibangun belakangan karena sudah banyak teknologi yang dapat mempercepat konstruksinya.

Baca juga: ADB Akan Bantu Pembangunan IKN Nusantara

"Kalau bangun perumahan itu 2,5 bulan bisa selesai, itu cepat. Sekarang sudah banyak teknoologi," sambung Zainal.

Terkait anggaran pembangunan infrastruktur dasar sebesar Rp 46 triliun, Kementerian PUPR saat ini sudah melakukan pembahasan dengan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Kita sudah melakukan pembahasan dengan teman teman Kemenkeu, sedang berproses," tambahnya lagi.

Selain itu, Kementerian PUPR juga menghitung sejak awal apabila dilakukan adjustment (penyesuaian) dan telah didukung oleh Kemenkeu.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meminta dana sebesar Rp 46 triliun untuk pembangunan IKN Nusantara kepada Menkeu Sri Mulyani pada periode 2022-2024.

Dana yang diminta Kementerian PUPR nantinya akan diperuntukan untuk membangun berbagai infrastruktur seperti kantor presiden dan wakilnya, gedung parlemen baru, hingga infrastruktur dasar seperti jalan.

"(tahun) 2022 sampai 2024 untuk Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) yaitu kantor presiden, kantor wakil presiden, DPR, MPR, jalan, air baku, air minum, listrik itu sekitar Rp 46 sekian triliun," terang Basuki, Rabu (26/1/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com