Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Tampak Fresh, Begini Cara Mengecat Rak Buku dengan Tepat

Kompas.com - 23/03/2022, 20:36 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang suka membaca, rak buku merupakan salah satu furnitur yang wajib dimiliki.

Selain bisa menyimpan koleksi buku dengan rapi, rak buku juga bisa dimanfaatkan sebagai partisi antar ruang.

Bila rak buku yang Anda miliki sudah mulai usang, sudah saatnya untuk dilapisi dengan cat kembali. Lapisan cat baru bisa membuat rak buku tampak fresh.

Ukuran rak buku di rumah biasanya tidak terlalu besar sehingga Anda bisa melakukan proyek pengecatan sendiri.

Baca juga: Mari Berkreasi dengan Rak Buku

Agar pekerjaan Anda lebih efisien, pertama-tama siapkan area kerja. Anda bisa memindahkan rak buku ke luar rumah, garasi atau area lain yang kosong.

Bersihkan barang-barang yang berserakan di area pengecatan dan gunakan koran bekas untuk melindungi lantai Anda dari tumpahan cat.

Sebelum mengecat, lepaskan semua barang yang menempel di rak buku seperti penyangga rak atau gantungan tas.

Baca juga: Perlukah Dinding Bata Ekspos Dilapisi Cat?

Pastikan rak buku yang akan dicat ada dalam keadaan besih. Bila ada bekas endapan berminyak atau kotoran lainnya, maka Anda perlu mencuci permukaan rak hingga bersih.

Basahi kain dengan air hangat yang dicampur dengan sedikit sabun cuci piring tangan. Jika tidak ada lagi kotoran, bersihkan seluruh permukaan rak kain basah.

Setelah permukaan rak kering, aplikasikanlah cat primer. Kemudian aplikasikan cat top coat. Cat dari area terdalam hingga terluar, jadi Anda tidak perlu menjangkau cat basah untuk sampai ke bagian berikutnya.

Bila Anda memilih cat berbahan dasar air, maka permukaan rak akan lebih cepat mengering. Sementara bila menggunakan cat minyak, perlu waktu yang lebih lama untuk kering.

Karena dilakukan seorang diri, proyek pengecatan rak harus dilakukan saat Anda memiliki waktu luang karena perlu konsentrasi yang tinggi agar mendapat hasil maksimal. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com