Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2022, 13:50 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil mengungkapkan, harga tanah di dekat IKN Nusantara bisa saja mengalami kenaikan.

Hal ini dia sampaikan saat konferensi pers Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Jakarta, Senin (21/3/2022).

"Kalau misalnya spekulasi yang terjadi, mungkin saja. Kalau harga naik, karena tanah di desa itu kemudian menjadi kota orang berani beli, barangkali. Kalau harga naik itu karena permintaan meningkat ya wajar," kata Sofyan.

Sofyan kembali menegaskan, transaksi bisa dilakukan selama daerah itu bukanlah lahan IKN Nusantara yang terkena freeze (pembekuan).

Kendati demikian, Kementerian ATR/BPN akan melihat apakah orang yang ingin membeli tanah tersebut bertujuan untuk spekulasi atau tidak.

Baca juga: Harga Tanah di IKN Diisukan Meroket, Akankah Semahal Jakarta?

Nantinya, kata Sofyan, Badan Otorita akan membentuk Satuan Petugas (Satgas) Tanah IKN yang terdiri dari Kementerian ATR/BPN, Kepolisian, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

"Jadi, setiap orang beli tanah, kita akan lihat, akan dipanggil dulu. Sehingga, dengan demikian kalau orang yang punya tanah secara legal itu kemudian dia jual itu ada mekanismenya," ujarnya.

Namun, jika mereka bertujuan membeli tanah untuk spekulasi dan melanggar hukum, semuanya akan di clean and clear (dibersihkan) oleh Satgas Tanah IKN.

Sebelumnya, harga tanah di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara diisukan melambung lima hingga sepuluh kali lipat.

Terkait hal tersebut, Wakil Ketua Real Estat Indonesia (REI) Bambang Ekajaya menjelaskan, fenomena ini biasa terjadi ketika ada proyek besar.

“Ya memang ada gula pasti ada semut, ada huge proyek pasti mengundang spekulan-spekulan untuk ikut mencoba keberuntungan,” kata Bambang saat dihubungi Kompas.com.

Namun, menurut Bambang, dalam waktu dekat tidak mungkin harga tanah di daerah dekat IKN mencapai harga setinggi Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com