Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Berwisata ke Kawasan Ini? Anda Bisa Bermalam di 900 Homestay Terbaru

Kompas.com - 10/03/2022, 09:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah menuntaskan pembangunan 900 unit homestay di lima Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) unggulan non-super prioritas pada 2021.

Lima kawasan itu meliputi KSPN Morotai di Maluku Utara, Tanjung Kelayang di Bangka Belitung, Raja Ampat di Papua Barat, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, dan Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur.

Baca juga: Para Pebalap Tiba di Lombok, Intip Tampilan Homestay Penunjang MotoGP

Pembangunannya berupa peningkatan kualitas rumah warga sekitar kawasan pariwisata menjadi layak huni sekaligus dapat dimanfaatkan menjadi homestay dan usaha pariwisata lainnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pengerjaan renovasi rumah warga ini dilakukan dengan pola pemberdayaan, sehingga rumah layak menjadi homestay di kawasan wisata.

Harapannya agar masyarakat setempat bukan hanya jadi penonton, tetapi juga mendapat manfaat ekonomi dari sektor pariwisata.

"Tolong dirawat, dijaga dan dikelola dengan baik. Saya pesan ditata lingkungannya dan dijaga kebersihannya," ujar Basuki dalam rilis pers, Rabu (09/03/2022).

Kementerian PUPR telah menuntaskan pembangunan 900 unit homestay di 5 KSPN unggulan non-super prioritasDok. Kementerian PUPR Kementerian PUPR telah menuntaskan pembangunan 900 unit homestay di 5 KSPN unggulan non-super prioritas
Program peningkatan kualitas rumah swadaya sebanyak 900 unit di KSPN Morotai, Tanjung Kelayang, Raja Ampat, Wakatobi, dan Bromo Tengger Semeru ini menelan anggaran Rp 46,05 miliar.

Desain renovasi rumah warga menjadi homestay dimodifikasi lebih modern. Tetapi tidak meninggalkan kearifan lokal sebagai upaya menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menginap.

Untuk homestay di KSPN Morotai dibangun sebanyak 170 unit dengan anggaran Rp 7,25 miliar. Salah satunya di pemukiman warga di Desa Galo Galo, Kecamatan Morotai Selatan.

Selanjutnya pembangunan homestay di KSPN Tanjung Kelayang sebanyak 90 unit dengan anggaran Rp 4,45 miliar, KSPN Raja Ampat sebanyak 90 unit senilai Rp 6 miliar.

Kemudian, KSPN Wakatobi 120 unit dengan anggaran Rp 5,5 miliar, dan KSPN Bromo Tengger Semeru sebanyak 430 unit dengan anggaran Rp 22,85 miliar.

Untuk diketahui, lima KSPN unggulan tersebut merupakan bagian dari 10 “Bali Baru” yang dikembangkan pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara.

Sebelumnya, Kementerian PUPR juga telah membangun infrastruktur di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Manado – Likupang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com