Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Berwisata ke Kawasan Ini? Anda Bisa Bermalam di 900 Homestay Terbaru

Lima kawasan itu meliputi KSPN Morotai di Maluku Utara, Tanjung Kelayang di Bangka Belitung, Raja Ampat di Papua Barat, Wakatobi di Sulawesi Tenggara, dan Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur.

Pembangunannya berupa peningkatan kualitas rumah warga sekitar kawasan pariwisata menjadi layak huni sekaligus dapat dimanfaatkan menjadi homestay dan usaha pariwisata lainnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pengerjaan renovasi rumah warga ini dilakukan dengan pola pemberdayaan, sehingga rumah layak menjadi homestay di kawasan wisata.

Harapannya agar masyarakat setempat bukan hanya jadi penonton, tetapi juga mendapat manfaat ekonomi dari sektor pariwisata.

"Tolong dirawat, dijaga dan dikelola dengan baik. Saya pesan ditata lingkungannya dan dijaga kebersihannya," ujar Basuki dalam rilis pers, Rabu (09/03/2022).

Desain renovasi rumah warga menjadi homestay dimodifikasi lebih modern. Tetapi tidak meninggalkan kearifan lokal sebagai upaya menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara untuk menginap.

Untuk homestay di KSPN Morotai dibangun sebanyak 170 unit dengan anggaran Rp 7,25 miliar. Salah satunya di pemukiman warga di Desa Galo Galo, Kecamatan Morotai Selatan.

Selanjutnya pembangunan homestay di KSPN Tanjung Kelayang sebanyak 90 unit dengan anggaran Rp 4,45 miliar, KSPN Raja Ampat sebanyak 90 unit senilai Rp 6 miliar.

Kemudian, KSPN Wakatobi 120 unit dengan anggaran Rp 5,5 miliar, dan KSPN Bromo Tengger Semeru sebanyak 430 unit dengan anggaran Rp 22,85 miliar.

Untuk diketahui, lima KSPN unggulan tersebut merupakan bagian dari 10 “Bali Baru” yang dikembangkan pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara.

Sebelumnya, Kementerian PUPR juga telah membangun infrastruktur di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Manado – Likupang.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/03/10/090000921/mau-berwisata-ke-kawasan-ini-anda-bisa-bermalam-di-900-homestay-terbaru

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke