Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Binjai-Stabat Diresmikan, Langkat- Bandara Kualanamu Cuma Satu Jam

Kompas.com - 05/02/2022, 06:00 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Hari terakhir kunjungan kerjanya di Provinsi Sumatera Utara, sebelum kembali ke Jakarta, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Ruas Tol Binjai-Stabat sepanjang 11,8 kilometer.

Ruas tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Binjai-Langsa sepanjang 131 kilometer.

Menurut Edy, beroperasinya Tol Binjai-Stabat menjadi kabar baik bagi masyarakat Sumut, khususnya Langkat dan Stabat, bahkan Provinsi Aceh karena menghemat jarak tempuh.

Jika sebelumnya perjalanan dari Medan ke Stabat memakan waktu 2,5 jam, sekarang menjadi 45 menit.

Baca juga: Setelah Diresmikan, Tol Binjai-Stabat Akan Beroperasi Gratis Selama Masa Sosialisasi

"Sebelumnya, Langkat menuju ke Kualanamu dari 2,5 sampai 3 jam, sekarang cuma satu jam. Terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah pusat,” kata Edy di Gerbang Tol Stabat, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Jumat (4/2/2022).

Jokowi dalam sambutanya menyampaikan, Tol Binjai-Langsa nantinya menghubungkan dua provinsi yaitu Sumatera Utara dan Aceh.

Juga menjadi bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang menghubungkan Provinsi Lampung sampai Aceh dan menghubungkan sentra-sentra produksi yang ada di daerah.

"Arahnya semuanya ke sana, bukan hanya membangun fisik seperti ini. Rakyat akan menikmati, petani akan menikmati, perkebunan akan menikmati, yang berkaitan pariwisata akan menikmati kalau itu disambungkan semuanya, jalan utama tol ini disambungkan dengan kawasan-kawasan produksi," ungkapnya.

Jalan ini juga akan mempermudah akses berbagai destinasi wisata yang ada di Sumut, misalnya kawasan wisata Bukit Lawang di Bahorok, kawasan wisata Tangkahan dan kawasan wisata rohani Tuan Guru di Tanjungpura, Langkat.

"Ini kesempatan untuk mengembangkan potensi-potensi di daerah. Saya titip insfratruktur yang baik ini agar dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendorong usaha-usaha baru, meningkatkan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Jokowi.

Ke Pasar Kebunlada

Selesai peresmian jalan tol, presiden bercengkarama dengan pedagang di Pasar Kebunlada di Kota Binjai. Dia juga memberikan bantuan sebesar Rp 1,2 juta dan kaos kepada masyarakat.

Hasan, salah satu pedagang yang menerima kaos merasa senang mendapat hadiah dan bisa bertemu langsung Jokowi.

Sedangkan Rahma, mengaku sangat terbantu dengan bantuan uang dan sembako yang diberikan. Ia akan menggunakannya untuk tambahan modal berjualan telur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com