Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Istana Garuda Karya Nyoman Nuarta Direstui Jokowi, Ini Kata IAI

Kompas.com - 07/01/2022, 20:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Desain final Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Baru, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, telah mendapatkan persetujuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Desainer Istana Negara IKN Nyoman Nuarta mengatakan, basic design Istana Negara tersebut telah menjadi desain terakhir yang siap diwujudkan.

“Artinya desain yang saya presentasikan di hadapan Bapak Presiden, sudah tidak bisa lagi diubah, sudah final sebagai desain istana kepresidenan,” kata Nyoman dalam keterangannya, Rabu (05/01/2022).

Baca juga: Tak Hanya Istana, Nyoman Nuarta Diminta Merancang Masterplan Kebun Raya IKN

Menanggapi hal itu, Ketua Umum Asosiasi Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Georgius Budi Yulianto mengatakan, pada prinsipnya gagasan bentuk desain Istana Negara bisa lahir dari siapa pun, tak terkecuali dari perupa Nyoman Nuarta.

Secara subjektif pemilihan siapa yang memberikan gagasan bentuk pada proyek merupakan kewenangan penuh Pemilik proyek.

"Namun secara objektif dan normatif, karena itu bangunan publik tentu ada tata cara dan prosedur yang wajib dipenuhi," ujar dia.

Georgius atau akrab disapa Boegar menjelaskan, IAI akan selalu berpedoman pada Undang-undang (UU) Nomor 6 Tahun 2017 Tentang Arsitek dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2021 Tentang Peraturan Pelaksanaan UU Nomor 6 Tahun 2017.

Menurut hukum, arsitek itu adalah seseorang yang berpraktik arsitek, teregistrasi dan berlisensi.

Dengan demikian, desain arsitektur yang merupakan produk praktik profesi arsitek pun berkonsekuensi hukum.

"Jadi penanggung jawab karya arsitektur itu tidak hanya yang berhak atau sekedar mampu, tapi siapa yang wajib bertanggung jawab," tuturnya.

"Pada akhirnya, gagasan sehebat apa pun, by law, harus dapat memenuhi kriteria keamanan, keselamatan, kenyamanan, kemudahan, kesehatan. Dan Arsitek berlisensi itulah yang akan bertanggungjawab," lanjut Boegar.

Persetujuan basic design Istana Negara IKN oleh Presiden Jokowi diberikan pada saat Nyoman diundang ke Istana Merdeka Jakarta Pusat untuk mempersentasikan desain tersebut, Senin (03/01/2022).

Acara itu juga dihadiri oleh sejumlah pejabat negara yaitu Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi juga meminta Nyoman untuk tetap bersedia membantu pemerintah dalam mewujudkan istana kepresidenan di IKN baru.

“Arahan itu juga meminta agar saya turut menyelaraskan desain gedung-gedung di seluruh kawasan IKN Semua itu sedang dikoordinasikan,” ujar Nyoman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com