Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Hanya Situasional, Penerapan Ganjil Genap di Tol Resmi Dibatalkan

Kompas.com - 21/12/2021, 10:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi membatalkan penerapan ganjil genap (gage) di empat jalan tol jelang Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Namun, rencana penerapan gage masih memungkinkan diberlakukan sesuai kondisi di lapangan nantinya.

Prinsipnya, Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kemenhub telah menyiapkan beberapa pola manajemen dan rekayasa lalu lintas (lalin) untuk membatasi mobilitas masyarakat.

"Namun demikian, sifatnya adalah sangat situasional. Jadi tergantung dengan kebutuhan di lapangan," ungkap Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Budi Setiyadi dalam konferensi pers virtual, Senin (20/12/2021).

Seperti apa manajemen rekayasa lalin yang diterapkan? Selanjutnya baca di sini Resmi Batal, Penerapan Ganjil Genap di Jalan Tol Bersifat Situasional

Sebelumnya, Kemenhub berencana memberlakukan gage di empat ruas tol yakni, Tol Tangerang-Merak, Tol Bogor-Ciawi-Cigombong, Tol Cikampek-Palimanan-Kanci, dan Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi.

Rencananya, sistem gage di empat ruas tol tersebut diterapkan mulai 20 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

Padahal, Kemenhub telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 109 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Darat Selama Masa Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19).

Apa isi dari beleid tersebut?

Informasinya bisa Anda ketahui di sini Rencana Penerapan Ganjil Genap di Empat Ruas Jalan Tol, Batal?

Bendungan Karian di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten ditargetkan rampung pembangunannya pada tahun 2022.

Asisten Deputi Infrastruktur Dasar, Perkotaan, dan Sumber Daya Air (Asdep IDPSDA), Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Rahman Hidayat optimistis bendungan ini dapat selesai tepat waktu.

"Saat ini pembangunan Bendungan Karian sudah mencapai 93,43 persen (progres per 13 Desember 2021) dan ditargetkan selesai tahun 2022," katanya dalam siaran pers Kemenko Marves usai meninjau lokasi, Sabtu (18/12/2021).

Apa saja pekerjaan yang tengah dilakukan pada konstruksi Bendungan Karian?

Selengkapnya baca di sini Ditargetkan Rampung 2022, Begini Progres Terbaru Bendungan Karian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com