Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membersihkan Rumah bagi Anda yang Memiliki Alergi

Kompas.com - 06/12/2021, 07:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

KOMPAS.com - Alergi bisa disebabkan oleh banyak faktor dan kondisi yang terjadi bisa berbeda-beda pada setiap pengidapnya.

Oleh karena itu, memastikan rumah tetap bersih adalah salah satu hal yang harus dilakukan pada orang yang memiliki alergi atau penyakit asma.

Dilansir dari The Spruce, Minggu (5/12/2021), berikut tips membersihkan rumah bagi Anda yang memiliki alergi.

1. Kamar tidur

Kamar tidur memiliki banyak permukaan lembut yang mampu menyerap debu sehingga sangat penting untuk membersihkannya setiap minggu, terlebih bagi orang yang memiliki alergi.

Cuci seprai, sarung bantal, dan selimut setiap minggu dan lebih baik jika menggunakan air panas. 

Selain itu, jangan menjemur kasur di luar ruangan sampai kering karena dapat menyebabkan lebih banyak debu yang masuk ke dalamnya.

Tidak lupa untuk membersihkan semua perabotan yang ada di dalamnya.

Lalu, bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan, jauhkan mereka dari kamar dan tempat tidur untuk menghindari lebih banyak bulu atau kotoran yang hinggap.

2. Kamar mandi

Area rawan jamur serta lumut ini bisa dibersihkan dengan pemutih klorin, hidrogen peroksida, atau pembersih khusus jamur.

Untuk menghilangkan jamur di kamar mandi, Anda bisa mencampurkan larutan air dan pemutih dengan perbandingan 3:1.

Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan karet, sikat kaku untuk menggosok, dan pastikan ventilasi kamar mandi dalam kondisi baik.

Gunakan exhaust fan untuk menghambat pertumbuhan jamur dan memastikan semua peralatan dalam kondisi kering setelah digunakan.

Tidak lupa untuk menggantung handuk setelah digunakan dan mencuci semua peralatan, seperti keset kamar mandi atau tirai shower sercara berkala.

3. Dapur

Tidak jauh berbeda dengan kamar mandi, dapur juga sering kali ditumbuhi jamur, lumut, hingga kotoran serangga. Anda juga bisa menggunakan exhaust fan sebagai penanganan masalah ini.

Periksa wastafel, lemari es, dan freezer secara teratur untuk menghindari kebocoran. Selain itu, bersihkan lemari es setiap minggu sekaligus memeriksa apakah ada makanan yang sudah berjamur atau kadaluarsa dan perlu dibuang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com