Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang World Super Bike Mandalika, Bus hingga Kapal Cepat Disiapkan

Kompas.com - 10/11/2021, 21:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemenhub telah menyiapkan fasilitas transportasi jelang event World Superbike (WSBK) 2021 di Mandalika, NTB, mulai 19 -21 November 2021.

Sejumlah moda transportasi ini diperuntukkan bagi peserta, ofisial tim, hingga masyarakat yang akan menonton.

Hal itu disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi saat mengunjungi Mandalika, Rabu (10/11/2021).

"Kami juga ingin memastikan konektivitas antarmoda transportasi untuk melancarkan mobilitas para peserta beserta tim official dan juga masyarakat yang akan hadir menonton," katanya dilansir dari situs Kemenhub.

Baca juga: Siap-siap, Ada Bundling Paket Wisata Menginap di Homestay Mandalika

Budi menyampaikan, telah menyiapkan bus-bus dengan waktu tunggu 5-10 menit yang menghubungkan Mandalika, bandara Lombok, dan pelabuhan Gilimas, serta Kayangan, Bangka, dan Mataram.

"Melalui skema Buy The Service, fasilitas bus-bus yang akan berkeliling di sejumlah titik di area penyelenggaraan acara," ujarnya.

Selain itu, juga menyiapkan kapal cepat untuk semakin melancarkan konektivitas antara Lombok dengan daerah sekitar seperti, Padang Bai, Lembar, Sumbawa, dan Bali.

"Tidak ada kendaraan pribadi yang melintas di area kegiatan pada saat penyelenggaraaan acara untuk menghindari kepadatan," jelasnya.

Sebelumnya, Kemenhub bersama sejumlah pemangku kepentingan telah menggelar Tactical Floor Game (TFG) atau simulasi manajemen dan rekayasa lalu lintas di Kantor Kemenhub.

Sebagai tambahan, sejumlah fasilitas di sektor perhubungan yang telah disiapkan di antaranya, menyiapkan manajemen rekayasa lalu lintas, meningkatkan fasilitas Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Lombok dan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Pembangunan Pelabuhan Laut Gilimas, menyiapkan operasional angkutan 'Shuttle Bus' untuk melayani pergerakan penonton, pemberian subsidi operasional angkutan antar moda dari dan ke kawasan wisata Mandalika.

Pembangunan fasilitas pendukung integrasi moda, pembangunan perlengkapan jalan, dan peningkatan pelayanan angkutan penyeberangan dari dan ke Pulau Lombok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com