Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Ada Bundling Paket Wisata Menginap di Homestay Mandalika

Kompas.com - 05/11/2021, 11:00 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan telah menyelesaikan pembangunan 300 unit sarana hunian pariwisata (Sarhunta) atau homestay guna mendukung pelaksanaan ajang MotoGP Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kehadiran homestay diharapkan bisa menjadi alternatif hunian bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke NTB selama ajang MotoGP berlangsung sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P), Kasi Wilayah 2 NTB Kementerian PUPR Dudi Mustofa mengatakan untuk memaksimalkan keberadaan Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta), pihaknya akan bekerja sama dengan PT Garuda Indonesia (Persero) untuk menyiapkan paket bundling pariwisata.

Baca juga: ITDC Belum Bayar Tanah Warga Mandalika Rp 4,9 Miliar, Gubernur NTB Tawarkan 2 Solusi

Menurut Dudi dengan paket tersebut, maka homestay yang telah dibangun oleh Kementerian PUPR akan semakin menarik dan memicu banyak pengunjung yang menginap.

"Kami beberapa kali sesuai dengan arahan Pak Menkomarves yang mendorong Garuda Indonesia itu untuk bundling tiket dengan homestay Sarhunta ini, jadi ada paket wisata ke Mandalika, dan menginapnya di Sarhunta," kata Dudi kepada wartawan di Kawasan Sarhunta Mandalika, Lombok, NTB, Kamis (04/11/2021).

Dudi menjelaskan hingga saat ini Garuda Indonesia juga tengah melakukan pendataan terkait mana saja Sarhunta yang dapat kesempatan untuk bundling tiket wisata tersebut.

Sarhunta yang akan diprioritaskan, telah memiliki fasilitas lengkap seperti AC dan Wifi.

"Saat ini sedang dilakukan pendataan dari Garuda Indonesia. Jadi prioritas itu yang memang sudah fasilitasnya lengkap speerti AC dan Wifi. Karenanya tidak menutup kemungkinan ke depan, dari 300 rumah yang kita bangun semoga akan dilengkapi AC dan Wifi," ujarnya.

Sarhunta yang disediakan Kementerian PUPR memiliki lokasi yang strategis. Jaraknya hanya 500 meter dari tiga spot pantai untuk selancar dan 30 meter dari pantai yang tepat berada di bagian kanan dan kirinya.

Hingga saat ini sudah terdapat sejumlah wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang telah menginap di Sarhunta.

Sementara itu, berdasarkan data yang ada di Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Nusa Tenggara I, pelaksanaan pembangunan Sarhunta di KSPN Mandalika totalnya sebanyak 915 unit.

Jumlah tersebut terbagi menjadi dua yakni 300 unit di Kabupaten Lombok Tengah untuk mendukung ajang MotoGP dan 98 unit di Kabupaten Lombok Utara.

Sedangkan sisanya sebanyak 517 unit dilaksanakan pembangunan peningkatan kualitas rumah tidak layak huni di sepanjang koridor pintu masuk di kawasan Mandalika.

"Kami berharap dengan pembangunan Sarhunta ini masyarakat bisa menempati rumah layak huni sekaligus meningkatkan perekonomian dengan membuka homestay bagi para wisatawan yang datang berkunjung," terangnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com