Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Komponen Keselamatan Terowongan Kembar Tol Cisumdawu

Kompas.com - 27/10/2021, 06:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) memiliki keistimewaan dibanding jalan bebas hambatan berbayar lainnya di Indonesia.

Ruas tol yang dirancang sepanjang 60,84 kilometer ini dilengkapi terowongan kembar atau twin tunnel.

Terowongan yang terletak di Seksi II Ranca Kalong-Sumedang ini dirancang sepanjang 472 meter dengan diameter 14 meter.

Berkaitan dengan hal ini, Kementerian PUPR telah menyiapkan beberapa komponen untuk memastikan keselamatan pengendara apabila terjadi situasi darurat seperti gempa bumi dan kebakaran.

Baca juga: Pastikan Tol Cisumdawu Beroperasi 2022, Begini Strategi Pemerintah

Komponen ini telah disiapkan dalam terowongan. Sebagai pengguna jalan, baiknya Anda perlu mengetahui komponen keselamatan di jalan agar selalu sigap dalam keadaan darurat.

Berikut komponen keselamatan di Terowongan Kembar Tol Cisumdawu sebagaimana dikutip dari unggahan Instagram Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR. 

Generator Darurat

Generator siaga merupakan sistem generator cadangan yang beroperasi saat jaringan listrik gagal mengirimkan listrik. Generator darurat dapat beroperasi dengan bensin, solar, gas alam, atau propana.

Generator ini beroperasi bila daya normal gagal. Dengan menonaktifkan daya normal dan mengoperasikan sistem darurat dengan beban darurat listrik yang dipilih.

Jalur Evakuasi

Jika terjadi situasi darurat, tersedia rute darurat di dalam terowongan. Pengguna akan diarahkan ke muka terowongan melalui sisi kanan dan kiri badan jalan mengikuti petunjuk rute darurat menggunakan lampu penunjuk.

Sistem Pemadam Kebakaran

Sistem pemadam kebakaran terdiri dari elemen-elemen pendeteksi kebakaran. Seperti alat pemadam serta perlengkapan monitoring kebakaran di terowongan yang sudah termasuk alarm kebakaran.

Alarm kebakaran dan perlengkapan pemadam kebakaran manual beserta petunjuknya.

Perlengkapan ini tersedia di dalam terowongan ditujukan untuk digunakan oleh pengguna, sedangkan peralatan skala besar berserta alat pelindung diri yang tersedia di portal ditujukan untuk digunakan oleh petugas pemadam kebakaran.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com