Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Progres 94,55 Persen, Bendungan Gongseng Mulai Diisi Air

Kompas.com - 23/09/2021, 11:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hampir menyelesaikan konstruksi Bendungan Gongseng di Bojonegoro, Jawa Timur.

Saat ini progres fisik pembangunannya telah mencapai 94,55 persen dan mulai dilakukan impounding. Sementara, peresmiannya direncanakan pada Desember 2021 mendatang.

Kepala BBWS Bengawan Solo Agus Rudyanto mengatakan, bendungan berkapasitas 22,43 juta meter kubik ini bisa bermanfaat sebagai irigasi seluas 6.191 hektar, penyediaan air baku 300 liter per detik.

Kemudian, konservasi pariwisata, reduksi banjir hingga 133,27 meter kubik per detik serta sebagai pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) sebesar 0,7 mega watt.

Baca juga: 61 Bendungan Dimanfaatkan untuk Peningkatan Produksi Energi Terbarukan

"Bendungan Gongseng telah memasuki akhir pekerjaan konstruksi sehingga diperlukan pengisian awal sebagai salah satu persyaratan pengoperasian bendungan," kata Agus dikutip dari laman Ditjen SDA Kementerian PUPR BBWS Bengawan Solo, Rabu (22/9/2021).

Pengisian Bendungan Gongseng dilaksanakan secara bertahap agar dapat memantau perilaku bendungan secara intensif.

Selama pelaksanaan yang membutuhkan waktu 63 hari, air tetap dialirkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bagian hilir bendungan.

Agus menambahkan, masyarakat Kabupaten Bojonegoro mayoritas hidup dari pertanian dan industri yang sangat membutuhkan air.

"Selain sebagai sumber air baku, Bendungan Gongseng dapat diandalkan saat musim kemarau tiba," ucapnya.

Dengan adanya Bendungan Gongseng ini juga diharapkan dapat mengurangi terjadinya bencana banjir wilayah Kabupaten Bojonegoro dan sekitarnya.

Pada musim hujan, Bendungan Gongseng difungsikan sebagai waduk tadah hujan dan pengendali banjir.

"Selain sebagai sumber air baku, Bendungan Gongseng juga dapat menjadi salah satu destinasi wisata," imbuh Agus.

Perlu diketahui, pengerjaan Bendungan Gongseng dilaksanakan mulai tahun 2013 dan direncanakan selesai pada tahun 2021. Menggunakan dana APBN senilai Rp 574 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com