Kompas.com - 23/09/2021, 09:00 WIB
Kebun peruntukan di Singapura yang bisa diswa oleh warga untuk bercocok tanam. Channel News AsiaKebun peruntukan di Singapura yang bisa diswa oleh warga untuk bercocok tanam.

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna memperbanyak ruang terbuka hijau (RTH), Pemerintah Singapura baru saja menyiapkan 360 slot lahan kebun baru yang dapat digunakan oleh masyarakat.

Bagi mereka yang gemar berkebun dapat segera mengajukan permohonan untuk mendapatkan salah slot perkebunan baru yang akan dirilis oleh National Parks Board (NParks).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ini dilakukan untuk memenuhi permintaan yang terus meningkat. Pendaftaran untuk mendapatkan slot kebun yang baru akan mulai dibuka secara resmi pada Jumat (24/9/2021).

Seperti dikutip dari Channel News Asia, slot kebun yang baru ini dapat dijumpai pada 8 lokasi yakni Taman Bedok City, Taman Choa Chu Kang, Taman Sand Ris, Taman Tepi Sungai Sengkang, Taman Yishun, Taman Jurong Center, Taman Tepi Sungai Kallang dan Taman Tiong Bahru.

Baca juga: Gandeng Perusahaan Milik Bachtiar Karim, The Standard Buka Hotel di Singapura

“Anggota masyarakat didorong untuk mengajukan permohonan untuk kebun terdekat dengan tempat tinggal mereka," jelas NParks dalam rilis media resmi, Rabu (22/9/2021).

Dengan tambahan 360 slot baru ini akan menjadikan jumlah total slot kebun peruntukan di Singapura menjadi lebih dari 2.000 slot. Lokasinya ada di 23 taman dan kebun.

Skema kebun peruntukan diluncurkan pada tahun 2016 silam demi menawarkan lebih banyak ruang berkebun yang lebih dekat dengan perumahan umum.

“Program ini juga merupakan bagian dari visi Singapura untuk menjadi Nature City, dan merupakan pilar utama dari Rencana Hijau Singapura 2030,” Jelas NParks.

Untuk slot terbaru yang akan dirilis, terdiri dari wadah tanam berukuran 2,5x 1 meter. Kebun ini bisa disewa hingga tiga tahun dengan harga 57 Dolar Singapura (Rp 600.494) per tahun.

Baca juga: RTH Jakarta Kalah Banyak Dibanding Singapura, Bukti Pemprov Tidak Serius

Setiap keluarga hanya dapat memilih satu petak bkebun pada satu waktu. Para pelamar yang mengajukan permohonan berusia minimal 18 tahun.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.