Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tujuh Cara Mudah Membawa Tren "Friluftsliv" ke Rumah Anda

Kompas.com - 23/09/2021, 08:30 WIB
Audrey Aulivia Wiranto,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap tahun, tren dekorasi rumah baru menjadi sorotan, tetapi beberapa memiliki dampak yang lebih besar daripada yang lain.

Seperti yang dikatakan pakar tren Dayna Isom Johnson dari Etsy bahwa konsep Skandinavia tentang friluftsliv, muncul akibat tidak bisa menghirup udara luar karena peraturan pembatasan di tengah pandemi.

Arti Friluftsliv

Filosofi friluftsliv Norwegia kuno (diucapkan free-loofts-liv ) bukanlah hal baru di negara-negara Skandinavia.

Ungkapan ini secara harfiah diterjemahkan menjadi "kehidupan udara bebas" atau "kehidupan di udara terbuka" dan semua tentang nilai emosional, fisik dan mental dari menghabiskan waktu di luar ruangan.

Baca juga: Kenali, Ragam Gaya Arsitektur di Seluruh Dunia (I)

Pernah dipopulerkan pada tahun 1859 oleh penulis naskah dan penyair Henrik Ibsen, yang menggunakan istilah tersebut untuk menggambarkan nilai menghabiskan waktu di lokasi terpencil untuk kesejahteraan spiritual dan fisik.

Setelah sekian lama menghabiskan sebagian besar tahun 2020 di dalam ruangan, hikmahnya kita semua mulai menghargai keindahan alam bebas dan menghargai hal-hal sederhana dalam hidup.

Sejatinya, mudah untuk menerapkan dengan memasukan unsur alam ke dalam kehidupan sehari-hari Anda hanya dengan membawa friluftsliv ke dalam interior rumah.

Berikut adalah tujuh cara membawa friluftsliv ke dalam interior rumah Anda:

1. Masukkan tanaman hias indoor

Seperti disebutkan di atas, alam dapat meningkatkan kesejahteraan Anda, baik secara fisik maupun mental.

Ini memiliki efek fisiologis positif pada tubuh, membantu mengurangi tekanan darah dan kadar kortisol, yang terkait dengan stres.

Baca juga: Kenali, Ragam Gaya Arsitektur di Seluruh Dunia (II)

Selain itu, membantu dalam meningkatkan produktivitas, fokus, dan kreativitas Anda, plus mengurangi kelelahan mental dan membantu melawan depresi dan kecemasan.

Cara sederhana untuk membenamkan diri di alam tanpa meninggalkan rumah adalah dengan menambahkan beberapa tanaman hijau di seluruh ruang Anda. 

2. Shaggy throws

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com