Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Jalan Lintas Timur Kuningan Sisakan Badan Jalan dan Jembatan

Kompas.com - 06/09/2021, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek pembangunan Jalan Lintas Timur Kuningan akan mulai memasuki seperempat akhir pengerjaan.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKI Jakarta-Jawa Barat Ditjen Bina Marga sedang berupaya menyelesaikannya.

Jalan alternatif Cirebon-Kuningan itu dirancang sepanjang 7,2 kilometer. Mulai dari jalan Desa Garatengah, Kecamatan Japara sampai ke Desa Kedungarum, Kecamatan Kuningan, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

Adapun proses pengerjaannya dimulai pada Desember 2019 dengan total anggaran senilai Rp 97,37 miliar.

Kontraktor pelaksananya PT Seneca Indonesia dan konsultan pengawas PT Seecons (KSO), PT Indec Internusa, dan PT Sinergi Teknik Utama.

Baca juga: Infrastruktur Jalan, Telan Anggaran Terbesar 2022 Capai Rp 21,79 Triliun

Kepala BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat Kementerian PUPR Wilan Oktavian mengatakan, hingga akhir Agustus 2021, progres pembangunan Jalan Lingkar Timur Kuningan telah mencapai 71,6 persen.

Jadi, saat ini akan memasuki seperempat akhir pengerjaan dengan target selesai November 2021.

Mengingat sebelumnya target sudah mundur karena terdampak pandemi Covid-19 sehingga mengalami refocusing yang akibatnya menghambat pembebasan lahan.

"Insyaallah tidak ada hambatan berarti termasuk hujan, sehingga dapat selesai sesuai target," ujarnya.

wilan menambahkan, sebelumnya Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kuningan telah membangun sepanjang 6,5 kilometer, sementara Pemerintah Pusat sepanjang 7,2 kilometer.

Dengan demikian, total Jalan Lintas Timur Kuningan sekitar 13,7 kilometer.

Adapun saat ini proses pengerjaan menyisakan sepanjang 400 meter untuk persiapan badan jalan. Sebab, terdapat lahan yang baru bisa dibebaskan sepanjang 200 meter pada Mei 2021.

"Itu baru dibuka untuk penyiapan badan jalan. Yang lainnya sudah beraspal sepanjang 6,2 kilometer. Sisa sekitar 1 kilometer lagi yang belum beraspal," terangnya.

Di sisi lain, Wilan menyampaikan pada Jalan Lintas Timur Kuningan terdapat pembangunan jembatan dengan panjang 50 meter. Saat ini sudah memasuki tahapan proses erection girder.

"Abutmen sudah jadi, bangunan atas memakai i girder, dan precastnya sudah ada di lapangan. Kurang lebih dua bulan untuk penyelesaian jembatan keseluruhan," tuturnya.

Sementara itu, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menargetkan proyek pembangunan ini bisa selesai pada November 2021. Sekitar dua bulan lagi.

Selain itu, dia juga berpesan kepada pihak konsultan pengawas untuk memantau dengan benar setiap proses pengerjaannya. Memastikan seluruh bangunannya berkualitas.

"Karena supervisi yang baik menentukan kualitas infrastrukturnya," katanya saat meninjau lokasi pada 31 Agustus 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com