Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhirnya, Tol Pertama di Bumi Kalimantan Siap Beroperasi Penuh

Kompas.com - 17/08/2021, 13:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) siap mengoperasikan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 97,99 kilometer secara penuh.

Hal ini menyusul tuntasnya konstruksi Seksi 1 Balikpapan (Km 13)-Samboja dan Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan (Km13) masing-masing sepanjang 22,03 kilometer dan 11,09 kilometer.

Artinya, kedua seksi ini melengkapi tiga ruas sebelumnya yang telah beroperasi sejak tahun 2019.

Direktur Utama JBS Jinto Sirait mengatakan hal ini dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (17/08/2021).

"Dengan beroperasinya Seksi 1 dan Seksi 5 yang progres konstruksinya telah mencapai 100 persen ini, maka akan tersambung secara penuh dari Balikpapan sampai Samarinda," ujar Jinto.

Sehingga, hal ini akan berdampak positif pada peningkatan volume lalu lintas (lalin) jalan tol.

Jinto berpendapat, tersambungnya seluruh ruas mulai dari Sepinggan hingga Samarinda akan mempercepat arus pergerakan barang dan orang di wilayah Kalimantan Timur.

Karena, tol tersebut dapat menghubungkan Bandara Sepinggan dengan berbagai titik lokasi strategis di Balikpapan dan Samarinda.

Baca juga: Empat Ruas Jalan Tol dan Lingkar Baru Siap Sambut Kemerdekaan RI

Untuk diketahui, Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 1 Balikpapan (Km 13)-Samboja dan Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan (Km 13) merupakan porsi dukungan konstruksi Pemerintah.

Dengan siap beroperasinya dua seksi tersebut maka akan dilaksanakan serah terima aset dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kemudian, diikuti oleh proses pelimpahan lingkup pengoperasian jalan tol oleh JBS.

Jinto mengatakan, Tol Balikpapan-Samarinda yang beroperasi penuh dapat memangkas waktu tempuh yang semula melewati jalan nasional berkisar 3 jam menjadi 1 jam.

Secara keseluruhan, Tol Balikpapan-Samarinda terbagi menjadi lima seksi yaitu Seksi 5 Balikpapan (Km 13)-Sepinggan dan Seksi 1 Balikpapan (Km 13)-Samboja.

Kemudian, Seksi 2 Samboja-Muara Jawa sepanjang 30,98 kilometer, Seksi III Muara Jawa-Palaran sepanjang 17,30 kilometer, dan Seksi IV Palaran-Samarinda sepanjang 16,59 kilometer.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total 4 gerbang tol (GT) yakni GT Manggar, GT Karang Joang, GT Samboja dan GT Palaran.

Jalan tol ini dilengkapi dengan dua rest area tipe A yang telah selesai dibangun di Km 37 arah Balikpapan dan Km 36 arah Samarinda yang dikelola oleh PT Jasamarga Related Business (JMRB).

Kehadiran Tol Balikpapan-Samarinda dinilai akan melancarkan konektivitas dua kota kegiatan ekonomi, pengembangan kawasan industri, serta mempercepat akses masuk ke kawasan inti wilayah Ibu Kota Negara (IKN).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com