Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopenhagen Resmi Jadi Ibu Kota Arsitektur Dunia 2023

Kompas.com - 14/08/2021, 08:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber UNESCO

 JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Kopenhagen, Denmark, resmi ditetapkan sebagai ibu kota Arsitektur Dunia untuk tahun 2023 oleh Direktur Jenderal UNESCO, Audrey Azoulay.

Seperti dikutip dari situs resmi UNESCO, penetapan tersebut dilakukan berdasrkan rekomendasi Majelis Umum Persatuan Arsitek Internasional (UIA).

Keputusan tersebut sesuai dengan perjanjian kemitraan yang dibuat antara UNESCO dan UIA pada tahun 2018, di mana UNESCO menetapkan kota-kota tuan rumah Kongres Dunia UIA sebagai Ibukota Arsitektur Dunia.

“Kami sangat senang melihat obor gelar Arsitektur Ibu Kota Dunia bisa beralih ke Kopenhagen dari Rio de Janeiro,” kata Audrey.

Baca juga: Barcelona Dinobatkan sebagai Ibu Kota Arsitektur Dunia 2026

“Peresmian Ibu kota Arsitektur Dunia di Rio adalah contoh sukses bagaimana adanya peran penting perencanaan kota, terutama dalam konteks pandemi," imbuh dia.

Menurut Audrey, Kopenhagen dapat mengikuti prestasi Rio, dengan terus menunjukkan cara di mana arsitektur dan budaya dapat menjawab tantangan zaman kita, khususnya di bidang lingkungan.

UNESCO dan UIA telah memiliki program untuk menciptakan Ibukota Arsitektur Dunia. Nantiya program tersebut akan menyoroti peran kunci arsitektur, perencanaan kota, dan budaya dalam membentuk identitas kota dan pembangunan kota yang berkelanjutan.

Setiap tiga tahun sekali, kota yang ditetapkan sebagai Ibukota Arsitektur Dunia ini menjadi tempat dilaksanannya forum diskusi global tentang perencanaan kota kontemporer dan isu-isu arsitektur.

Sebagai Ibukota Arsitektur Dunia untuk tahun 2023, Kopenhagen akan menyelenggarakan serangkaian acara dan program besar dengan tema “Masa Depan Berkelanjutan-Tidak Meninggalkan Seorang Pun.”

Bekerja sama dengan Asosiasi Arsitek Denmark dan berbagai badan profesional Nordik, pemerintah kota akan memeriksa bagaimana arsitektur dan desain perkotaan berkontribusi untuk memenuhi 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Sejak 18 hingga 22 Juli 2021, Rio de Janeiro telah menjadi tuan rumah Kongres Arsitek Dunia secara online.

Setelah Kopenhagen, Barcelona dan Beijing menjadi dua kandidita untuk menjadi Ibukota Arsitektur Dunia pada tahun 2026.

Pada akhir tahun ini, UNESCO akan mengeluarkan keputusan mengenai siapa yang akan menang menjadi Ibukota Arsitektur Dunia pada tahun 2026.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com