Kompas.com - 13/08/2021, 17:38 WIB
Direktur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) Bambang Soetiono (kiri) saat mendampingi Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas (tengah), meninjau pelaksanaan vaksinasi di Smelter Manyar, Jumat (13/8/2021). KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAHDirektur Utama PT Berkah Kawasan Manyar Sejahtera (BKMS) Bambang Soetiono (kiri) saat mendampingi Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas (tengah), meninjau pelaksanaan vaksinasi di Smelter Manyar, Jumat (13/8/2021).

GRESIK, KOMPAS.com - Guna mencapai herd immunity dalam mencegah penyebaran Covid-19, PT Freeport Indonesia (PTFI) mulai melaksanakan vaksinasi para pekerja.

Ini sekaligus sebagai langkah persiapan, jelang konstruksi fisik Smelter Manyar, yang terletak di Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Presiden Direktur PTFI Clayton Allen Wenas mengatakan, vaksinasi dilaksanakan untuk para pekerja seiring persiapan pengerjaan konstruksi Smelter Manyar dengan kapasitas hingga 1,7 juta ton per tahun.

Adapun pengerjaan konstruksi fisik tersebut, direncanakan akan dimulai pada awal Bulan Oktober 2021.

Baca juga: Lewat PP 71/2021, JIIPE Resmi Disahkan Jadi KEK Teknologi dan Manufaktur

"Vaksinasi ini dibutuhkan supaya konstruksi fisiknya bisa tetap berjalan, dengan tetap menjaga kesehatan para pekerjanya, untuk dapat mencapai herd immunity," ujar Tony kepada awak media usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di lokasi, Jumat (13/8/2021).

Ketika proses pengerjaan konstruksi fisik berlangsung maka area sekitar Smelter Manyar bakal dipadati banyak pekerja, sekitar 40.000 orang.

Dengan kondisi tersebut, tentunya cukup rentan akan penularan Covid-19 bila di lingkungan tersebut belum tercapai herd immunity.

"Peak-nya bisa 15.000 sampai 20.000 orang per hari, jadi aktivitasnya tinggi sekali. Untuk itu, vaksinasi ini menjadi sangat penting bagi kita agar konstruksi fisik bisa dimulai," tutur Tony.

Vaksinasi tahap pertama diikuti 73 karyawan yang terlibat pada tahap awal pembangunan smelter.

Adapun pekerjaan konstruksi selanjutnya, akan dilakukan oleh Chiyoda International Indonesia yang merupakan kontraktor EPC untuk pekerjaan konstruksi smelter ini.

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.