Kompas.com - 13/08/2021, 19:30 WIB
Alat berat bersiap di lokasi Smelter Manyar, yang berada di Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik. KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAHAlat berat bersiap di lokasi Smelter Manyar, yang berada di Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik.

GRESIK, KOMPAS.com - Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas menyebutkan, konstruksi fisik proyek Smelter Manyar yang terletak di Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, dimulai Oktober 2021.

Menurut Tony, sampai saat ini, progres secara keseluruhan yang masuk tapah stripping sudah sekitar 8 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Memang pada awalnya landai, dan baru saat mulai konstruksi fisik akan naik (mulai banyak pekerjaan). Direncanakan akan mulai operasional di awal 2024," ujar Tony Wenas kepada awak media di lokasi Smelter Manyar, Jumat (13/8/2021).

Tony mengaku, pekerjaan fisik sempat terpengaruh pandemi Covid-19. Terlebih saat Gresik termasuk dalam Kabupaten/Kota yang menjalankan agenda Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Sangat (berpengaruh). Pada tahun lalu pada saat mulai pandemi, di Gresik dinyatakan PSBB, pada prinsipnya kegiatan di lapangan berhenti total. PSBB kan nggak boleh ada kegiatan," ucap Tony.

Kendati demikian, meski ada pembatasan, secara umum pelaksanaan pengerjaan Smelter Manyar masih sesuai dengan rencana.

Untuk saat ini, pembangunan Smelter Manyar memasuki tahap stripping untuk persiapan pembangunan konstruksi fisik. Dan akhir tahun 2021 ini, progres total diprediksi bakal mencapai 10 persen.

Kapasitas Smelter Manyar akan mencapai 1,7 juta ton per tahun dengan nilai investasi sebesar 3 miliar dolar AS atau ekuivalen Rp 45 triliun. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.