Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Bunuh Diri Kembali Terjadi, Ikon Baru New York Ditutup Sementara

Kompas.com - 01/08/2021, 17:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Stuktur Vessel, yang berlokasi di Hudson Yard, New York, lagi-lagi harus ditutup untuk sementara waktu lantaran seorang anak berusia 14 tahun bunuh diri,  Jumat (30/07/2021).

Ini merupakan kasus bunuh diri keempat setelah tiga kasus serupa terjadi di stuktur unik ini pada Januari 2021, Desember 2020, dan Februari 2019.

Seperti dikutip dari World Architecture, penutupan strktur ini dilakukan karena akan berlangsung penyelidikan lebih lanjut di tempat kejadian.

Pengembang Hudson Yards, Stephen Ross mengungkapkan, dirinya sulit memahami bagaimana hal-hal buruk seperti itu terus terjadi di Vessel. 

Baca juga: Harga Lebih Murah, Pasar Properti di New York Kembali Membaik

"Saya merasa tidak enak untuk keluarga," kata Ross. "Saya ingin menjajaki setiap kemungkinan yang kami bisa, tetapi untuk saat ini Vessel harus ditutup.”

Catatan polisi setempat menunjukkan bahwa seorang anak laki-laki berusia 14 tahun melompat dari lantai 8 stuktur Vessel sesaat sebelum pukul 13.00 siang.

Meski belum diketahui identitasnya, korban dinyatakan tewas di tempat.

Setelah tiga kasus bunuh diri serupa, ikon kota New York ini baru dibuka kembali pada Mei 2021 dan pengembang Hudson Yards, mengatakan mereka menerapkan tingkat keamanan baru untuk mencegah orang melompat.

Mengenai kematian sebelumnya, perusahaan memastikan akan berkonsultasi dengan ahli pencegahan bunuh diri dan psikiater untuk mencegah potensi bunuh diri.

Selain itu, pengelola juga menerapkan prosedur penyaringan untuk para tamu yang masuk agar bisa mendeteksi perilaku berisiko tinggi di antara pengunjung.

Aturan baru mengharuskan setiap pengunjung yang masuk ke Vessel dengan jumlah minimal dua orang atau lebih dalam satu rombongan.

Menurut Ross, sang korban mengunjungi Vessel bersama empat anggota keluarganya sehingga tidak ada yang curiga dan membiarkan ia masuk. 

Audrey Wachs dari The Architect's Newspaper pernah menulis pada tahun 2016 bahwa penghalang pelindung Vessel sebenarnya tidak cukup tinggi dan aman.

Meskipun banyak perubahan dalam tindakan pencegahan setelah tiga kasus bunuh diri, ketinggian penghalang di tepi vessel hingga saat ini belum juga bertambah.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com