Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SiPetruk Diklaim Tidak Akan Hambat Kerja Pengembang Perumahan

Kompas.com - 18/03/2021, 10:46 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama Pusat Pengelolaan Dana Pembiayaan Perumahan (PPDPP) Kementerian Pekeriaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arief Sabaruddin mengatakan, aplikasi SiPetruk tidak akan menghambat kerja pengembang perumahan.

"Prosesnya tidak akan menghambat progres kerja pengembang perumahan di lapangan," kata Arief dalam keterangan, Kamis (18/03/2021).

Menurutnya penerapan SiPetruk ini sangat penting terutama untuk menjaga kualitas bangunan yang dibangun oleh para pengembang perumahan.

Terlebih, bangunan tersebut merupakan subsidi yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat.

Baca juga: Selain LPJK, Pengembang Bisa Awasi Kualitas Rumah Subsidi via SiPetruk

Karenanya, harus ditegaskan bahkan bangunan tak hanya sekedar kuantitas tetapi juga kualitas rumah harus dikedepankan.

"Penyaluran rumah subsidi tidak hanya bertumpu pada masalah kuantitas tetapi juga harus memastikan bahwa rumah yang dibeli oleh masyarakat harus berkualitas, dimanfaatkan dan dihuni dengan baik," jelasnya.

Selain itu, setiap rumah subsidi yang dibangun harus memenuhi ketentuan teknis bangunan, yaitu persyaratan kelaikan hunian yang meliputi keselamatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan.

Bahkan rumah itu juga harus memenuhi persyaratan tata bangunan dan lingkungan, yang merupakan syarat dalam mewujudkan perumahan sehat dan berkelanjutan.

“Dalam pembangunan perumahan masyarakat berpenghasilan rendah di lapangan masih banyak kita jumpai hunian dengan kualitas rendah. Kita harus melindungi MBR dengan memberikan kualitas rumah yang baik, karena ada dana subsidi di dalamnya,” tuturnya.

Arief juga menegaskan bahwa berbagai relaksasi yang telah diberikan pemerintah dalam pengembangan perumahan selama ini tidak ditujukan untuk mengurangi kualitas hunian.

"Kami terus berupaya meyakinkan pengembangan untuk dapat membangun rumah yang berkualitas dan sesuai standar," tutur dia.

Sistem Informasi Pemantauan Konstruksi (SiPetruk) merupakan aplikasi teknologi informasi yang dikembangkan oleh PPDPP guna memastikan kualitas hunian yang dibangun pengembang efisien dan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

Adapun cara kerja SiPetruk adalah dengan memeriksa kelayakan hunian yang dibangun oleh para pengembang.

Secara teknis, di mana nantinya Manajemen Konstruksi (MK) akan berkunjung ke lapangan sesuai dengan pengajuan pemeriksaan dari para pengembang perumahan yang berpedoman dari siteplan digital yang diajukan para pengembang melalui SiKumbang (Sistem Informasi Kumpulan Pengembang).

Dari pemeriksaan tersebut, MK akan memberikan laporan penilaian yang terhubung langsung dengan sistem PPDPP. Jika dinyatakan layak huni, maka secara otomatis daftar rumah tersebut akan muncul di SiKasep untuk dapat dijual kepada masyarakat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com