Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marietta dan Patricia Menang Kompetisi Arsitektur dan Desain AYDA 2021

Kompas.com - 07/02/2021, 16:11 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Marietta Stefani dan Patricia Caitlyn Kurniawan memenangi Gold Winner kompetisi arsitektur dan desain Asia Young Designer Awards (AYDA) 2020/21.

Marietta Stefani dari Universitas Kristen Petra terpilih sebagai yang terbaik dengan karya "Non-Visual Art Gallery" untuk kategori arsitektur.

Sementara Patricia Caitlyn Kurniawan dari Universitas Pelita Harapan menjadi yang terbaik dengan karya "Antara" untuk kategori Desain Interior.

AYDA 2020/2021 yang merupakan ajang bergengsi pencarian talenta-talenta muda berbakat di bidang arsitektur dan desain ini digelar oleh Nippon Paint.

Penyelenggaraan tahun ini merupakan yang kesembilan kalinya.

Untuk skala internasional, AYDA bekerja sama dengan Harvard University Graduate School of Design (GSD) di Boston, Massachusetts, Amerika Serikat.

Di Indonesia, AYDA didukung oleh praktisi ternama di bidang arsitektur dan desain interior.

CEO Decorative Paints Nippon Paint Indonesia Jon Tan menuturkan, AYDA harus berevolusi dan berkembang lebih dari sekadar kompetisi.

Oleh karena itu, Nippon melibatkan pemangku kepentingan, mulai dari arsitek, desainer interior, pengembang, mahasiswa arsitektur dan desain interior, dosen, praktisi industri, hingga entitas perusahaan.

Baca juga: Nippon Paint Kembangkan Teknologi Cat Anti-virus

"Kami harap, semua stake holders ini bersatu dan mendefinisikan ulang bagaimana masa depan akan melampaui konsep warna dan desain, dan pengaruhnya pada emosional, ekonomi, serta sosial,” uai Jon dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (07/02/2021).

Tahun ini, kompetisi AYDA mengangkat tema "Forward: Human-Centred Design”, merefleksikan desain inovatif untuk solusi masa kini dan masa depan berkelanjutan serta memperhatikan aspek sosial untuk populasi yang terus berkembang pada era globalisasi ini.

Karya Patricia Caitlyn Kurniawan dari Universitas Pelita Harapan dengan judul Antara meraih Gold Winner untuk kategori Desain Interior pada Zhang Asian Young Design Awards (AYDA) 2020/2021.Nippon Paint Karya Patricia Caitlyn Kurniawan dari Universitas Pelita Harapan dengan judul Antara meraih Gold Winner untuk kategori Desain Interior pada Zhang Asian Young Design Awards (AYDA) 2020/2021.
Nippo Paint telah melakukan roadshow  untuk AYDA 2020/2021 ini di 17 Universitas di Indonesia yang diikuti oleh 579 partisipan.

Dari total jumlah partisipan tersebut, terpilih 11 finalis terbaik AYDA 2020/21 dengan Gold Winner diraih oleh dua mahasiswa terbaik Maria Stefani dan Patricia Caitlyn Kurniawan.

Pemenang kategori arsitektur Marietta Stefani mengatakan, meskipun tahun ini semua kegiatan harus dilakukan secara virtual, tetapi tidak menyurutkan semangatnya untuk memberikan yang terbaik.

"AYDA telah memberikan perubahan besar bagi perkembangan karier saya di kemudian hari. Selain itu, juga menjadi motivasi bagi saya, untuk dapat memberikan kontribusi besar bagi masyarakat Indonesia," ujar Marietta.

Baca juga: Mesin Tinting Nippon Paint Jamin Akurasi Warna 100 Persen

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com