Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Warna yang Tidak Cocok Dikombinasikan dengan Warna Hijau

Kompas.com - 19/03/2024, 15:15 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livingetc

JAKARTA, KOMPAS.com - Warna hijau menjadi salah satu warna yang banyak disukai. Warna ini bisa ditampilkan sebagai dekorasi ruangan. 

Hijau termasuk warna cerah yang membuat suasana di dalam ruangan terlihat lebih cerah dan ceria. Warna hijau bisa dikombinasikan dengan warna lain, namun pastikan perpaduannya cocok sehingga tampilan ruangan terlihat cantik dan serasi. 

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Rumah dengan Warna Hijau Mint

Dilansir dari Livingetc, Selasa (19/3/2024), berikut ini beberapa warna yang tidak cocok dikombinasikan dengan warna hijau, sehingga perlu dihindari. 

Warna hijau lain

Ilustrasi ruang keluarga dengan cat hijau.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang keluarga dengan cat hijau.

Jika ingin mengkombinasikan warna hijau dengan warna lain, para ahli menyarankan untuk tidak menggunakan warna hijau lain. Menggunakan beberapa jenis hijau dalam satu ruangan akan menciptakan tampilan visual yang membingungkan. 

Linda Hayslett dari LH. Designs, mengatakan bahwa warna hijau bisa memiliki banyak rona yang berbeda. Jadi memadukan beberapa warna hijau akan membuat ruangan terlihat mencolok.

Baca juga: 7 Cara Mendekorasi Ruangan dengan Warna Hijau

Sebaliknya, para ahli menyarankan untuk memadukan warna hijau dengan warna yang lebih bersahaja untuk membuat warna hijau terasa hangat dan ramah. 

Daripada memadukan warna hijau dengan warna hijau lain, Linda lebih menyarankan untuk memadukan warna hijau dengan terakota. Warna terakota bisa memancarkan kehangatan dan saat dipadukan dengan warna hijau akan terlihat bersih, modern, dan segar. 

Warna merah

Selanjutnya, warna yang tidak cocok dikombinasikan dengan warna hijau yaitu warna merah. Perpaduan warna hijau dan merah akan menghasilkan kombinasi warna yang mencolok. 

Richard Misso dari The Stylesmiths, mengatakan bahwa perpaduan warna hijau dan merah bisa memberikan dampak visual yang kuat dan cenderung mengganggu. 

Baca juga: 5 Ide Dapur Berwarna Merah Muda yang Cantik dan Anggun

Jika ingin tetap memadukan warna hijau dan merah, maka sebaiknya pilih warna merah anggur gelap. Perpaduan warna merah anggur gelap dengan hijau botol akan menciptakan ruangan yang nyaman dan hangat. 

Meski demikian, perpaduan warna hijau dan merah masih sering digunakan, terutama pada dekorasi Natal. 

Warna kuning jenuh

Banyak warna yang cocok dengan warna kuning. Akan tetapi, warna hijau kurang sesuai untuk dipadukan dengan warna kuning. 

Saba Kapoor, salah satu pendiri Nivasa, mengatakan bahwa warna hijau dan kuning bisa membuat mata lelah dan menciptakan visual yang tidak harmonis. 

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Dapur dengan Warna Kuning, Berikan Sentuhan Ceria

Dibandingkan menggunakan warna kuning cerah, lebih baik kombinasikan warna hijau dengan warna putih. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com