Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Kasur Berdasarkan Posisi Tidur dan Bobot Tubuh

Kompas.com - 13/03/2024, 10:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kasur menjadi perabotan penting di rumah, khususnya kamar tidur. Kasur menjadi tempat untuk tidur dan beristirahat selama seharian berativitas. 

Namun, memilih kasur tidak boleh dilakukan sembarangan. Kasur harus bisa memberi kenyamanan saat tidur serta menopang tubuh dengan baik. 

Baca juga: Seberapa Sering Harus Membalik Kasur agar Tahan Lama?

Ada banyak kasur yang tersedia di pasaran, baik di toko maupun online. Hal ini sering kali membuat banyak orang bingung harus memilih jenis kasur seperti apa. 

Claire Davies, pakar kasur, pelatih ilmu tidur bersertifikat, dan penguji produk tidur utama di Tom's Guide, mengatakan memilih kasur baru yang nyaman tidaklah sulit.

Saat memilih kasur, aturan utama yang dilakukan Claire adalah membeli kasur yang tersedia dalam uji coba tidur. Artinya, Anda dapat mengembalikannya dalam masa uji coba untuk mendapatkan pengembalian dana atau penukaran jika itu bukan pilihan yang tepat. 

Uji coba sangat penting saat membeli kasur secara online karena Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk "langsung" menggunakan kasur sebelumnya. 

Namun, ada sejumlah faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih kasur yang tepat. 

Dikutip dari Tom's Guide, Rabu (13/3/2024), berikut cara memilih kasur yang tepat

Baca juga: Cara Membersihkan Kasur Busa dengan Benar dan Mudah

Cara memilih kasur berdasarkan posisi tidur 

Ilustrasi kasur lateks. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi kasur lateks.
Cara Anda tidur merupakan faktor penting dalam menentukan jenis kasur yang harus dipilih. berikut cara memilih kasur sesuai dengan posisi tidur Anda. 

Pilih kasur yang memberikan pelepas tekanan konstan di sekitar pinggul, bahu, dan lutut Anda. Titik-titik tekanan tersebut akan paling terpengaruh oleh kasur, jadi Anda memerlukan kelembutan dan kontur di sini untuk membantu tidur dengan nyaman.

Kasur empuk, sedang, hingga keras adalah pilihan terbaik untuk tidur menyamping. 

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Menyebabkan Kasur Memory Foam Rusak, Apa Saja?

  • Sandaran punggung

Selanjutnya, cara memilih kasur sesuai dengan posisi tidur adalah memilih yang dapat menopang punggung.

Pilih kasur yang memiliki lapisan penyangga yang cukup dan fokus pada penyangga pinggang. Anda ingin tetap berada di atas kasur tanpa terasa seperti "tenggelam" ke dalamnya karena dapat menyebabkan rasa sakit dalam jangka panjang.

Anda juga dapat menikmati Pillow-top atau Euro top untuk menambahkan sedikit kelembutan tanpa membuat sesuatu yang terlalu berkontur.

Keras sedang sangat ideal bagi kebanyakan orang, dengan orang yang lebih berat cenderung memilih kasur tidur dengan punggung kokoh. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Kasur Angin Lebih Nyaman Digunakan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com