Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Noda Kopi pada Permukaan Furnitur Kain

Kompas.com - 20/02/2024, 21:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber My Domaine


JAKARTA, KOMPAS.com - Noda kopi menjadi salah satu jenis noda yang sering ditemukan di rumah. Noda ini bisa ditemukan di hampir seluruh bagian rumah, tak terkecuali di permukaan furnitur.

Noda kopi membuat furnitur terlihat kusam dan kurang menarik. Namun, tak perlu risau karena ternyata noda kopi cukup mudah dihilangkan.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Kopi di Meja Granit Agar Kembali Kinclong

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membersihkan noda kopi juga mudah ditemukan. Dilansir dari My Domaine, Selasa (20/2/2024), berikut ini cara membersihkan noda kopi pada permukaan furnitur kain.

Alat dan bahan yang diperlukan

Membersihkan noda kopi yang menempel di sofaShutterstock/RusAKphoto Membersihkan noda kopi yang menempel di sofa

  • Kain mikrofiber
  • Cuka
  • Detergen
  • Soda kue
  • Penghilang noda pemutih oksigen (opsional)\

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Kopi pada Karpet

Cara membersihkan noda kopi segar di furnitur kain

Alicia Sokolowski, pendiri Aspen Clean, mengatakan bahwa noda kopi segar harus segera dibersihkan. Sebab, semakin lama noda kopi dibersihkan, maka semakin sulit noda tersebut dihilangkan.

 

Jika tak sengaja menumpahkan kopi di furnitur kain, maka segeralah untuk menyeka kopi menggunakan kain mikrofiber bersih. Namun, jangan menggosoknya agar permukaan furnitur tidak rusak.

Setelah noda terangkat, bilas area bernoda dengan secangkir air dingin. Lalu, seka kembali dengan kain lembut.

Selanjutnya, keringkan furnitur dengan kipas angin atau pengering bersuhu rendah. Jangan gunakan alat pengering panas karena bisa membuat noda semakin menempel.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Noda Kopi dari Meja Kayu

Cara menghilangkan noda kopi kering pada furnitur kain

Jika noda kopi sudah terlanjur kering, maka gunakan bahan pembersih seperti detergen, cuka, soda kue, dan bahan pembersih lain untuk menghilangkan noda kopi tersebut.

Campurkan detergen dan cuka ke dalam air hangat. Lalu, celupkan kain bersih ke campuran tersebut, kemudian gosokkan pada noda.

Ilustrasi membersihkan sofa beludru. SHUTTERSTOCK/RUSAKPHOTO Ilustrasi membersihkan sofa beludru.

Tunggu beberapa menit, lalu bilas dengan air dingin. Pastikan untuk menghilangkan semua larutan sabun pada furnitur kain. Berikutnya, keringkan permukaan furnitur dengan kain kering dan bersih.

Akan tetapi, jika air sabun dan cuka tidak cukup untuk menghilangkan noda kopi, maka sebaiknya taburkan sedikit soda kue pada noda.

Baca juga: 4 Cara Membersihkan Noda Kopi dari Pakaian

Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu bersihkan soda kue pada permukaan furnitur. Apabila noda masih belum hilang, maka gunakan penghilang noda pemutih oksigen untuk membersihkan noda kopi.

Campurkan satu sendok makan bahan pemutih ke dalam dua sendok makan air panas. Lalu, oleskan ke area bernoda dan gosok perlahan.

Jika ingin menggunakan metode ini, maka sebaiknya uji penghilang noda di area kecil terlebih dahulu untuk melihat reaksinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com