Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Hoki, Ini 3 Warna Terbaik untuk Mendekorasi Rumah Saat Imlek

Kompas.com - 07/02/2024, 18:39 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi rumah menjadi hal yang biasa dilakukan untuk menyambut dan merayakan hari perayaan besar, termasuk Tahun Baru Imlek yang dirayakan pada 10 Februari nanti. 

Namun, mendekorasi rumah untuk Imlek sedikit berbeda dengan perayaan hari besar lainnya, seperti Idul Fitri, Natal, dan Tahun Baru. 

Baca juga: MR.DIY Ajak Dekorasi Ulang Rumah untuk Sambut Imlek dan Kejar Hoki 2024

Dekorasi Imlek tak hanya berfokus pada mempercantik rumah, tapi juga mendatangkan energi (chi) yang positif—hal penting yang tidak boleh dilewatkan. 

Berdasarkan Kalender Astrologi Cina, Imlek 2024 adalah Tahun Naga Kayu atau Dragon Wood. 

Menurut Lely Vy, pakar feng shui, naga disimbolkan sebagai kekuasaan, kehormatan, dan kebesaran. Tak heran, bila zaman dahulu, naga hanya digunakan oleh kekaisaran. Kayu sendiri mewakili pertumbuhan, evolusi, peningkatan, serta kelimpahan—sesuai dengan siklus hidup kayu. 

"Artinya, Naga Kayu adalah awal dari kesuksesan serta gudang uang dan air. Enggak heran jelang Imlek sering hujan sehingga bisa meningkatkan peluang lebih besar," ucap Lely dalam acara #HokiBarengMR.DIY di Restoran Blue Jasmine, Jakarta, Rabu (7/2/2024).  

Baca juga: 8 Cara Mengoptimalkan Tata Letak Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Ilustrasi lampion.Shutterstock/good_citizen Ilustrasi lampion.
Lely menjelaskan ada tiga warna terbaik yang bisa digunakan untuk mendekorasi rumah saat Imlek

Pertama, merah yang selalu hadir dalam perayaan Imlek. Nuasa merah diyakini dapat membawa keberuntungan di rumah dan unsur kayu akan memberikan sumber pada api (naga) sehingga membuat semakin bersinar. 

Lely Vy mengatakan bisa menggunakan ornamen Imlek yang memiliki warna merah, seperti lampion, angpao, kipas, serta tanaman hias berwarna merah, untuk mendatangkan energi positif di dalam rumah.  

"Nuansa merah bisa digunakan untuk area pintu depan rumah yang menjadi area menyambut energi," ucapnya.  

Baca juga: 10 Fakta Menarik Tahun Baru Imlek, dari Hal Takhayul dan Pacar Sewaan

Kedua, warna terbaik untuk mendekorasi rumah saat Imlek yang bisa membawa keberuntungan pada Tahun Naga Kayu 2024 adalah gold atau emas. 

"Shio naga merupakan unsur kebesaran, jadi warna yang bisa mewakilinya adalah gold," kata Lely

Anda bisa menggunakan nuansa gold di ruang makan saat makan bersama keluarga, seperti menggunakan sendok, garpu, dan peralatan makan berwarna gold serta menyediakan jeruk. 

Terakhir, warna terbaik untuk mendekorasi rumah saat Imlek adalah biru. Lely mengatakan sejarah naga berasal dari laut sehingga bisa menggunakan warna yang berasal dari laut, seperti biru. 

“Jangan lupa juga menghadirkan unsur air di rumah, seperti akuarium, kolam air, maupun hiasan air berwarna biru, untuk mendatangkan keberuntungan pada 2024,” ujar Lely.  

Baca juga: 8 Dekorasi Imlek untuk Mendatangkan Keberuntungan di Rumah

Selain warna, kata Lely, pencahayan juga penting diperhatikan dalam mendekorasi rumah saat Imlek. Pencahayaan yang bagus menimbulkan energi aktif, sebaliknya pencahayaan buruk atau kurang menimbulkan energi pasif. 

Energi pasif bisa menimbulkan kurang sehat, masalah, serta ketidakharmonisan. Manusia membutuhkan energi yang aktif untuk mendatangkan energi positif. 

"Jadi, pastikan pencahayaan atau lampu di dalam rumah pada Tahun Naga Kayu 2024 harus lebih terang untuk menimbulkan energi api yang menggantikan bintang matahari tahun ini tertutup sehingga kehidupan lebih sehat, sukses, dan maju," tutup Lely. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com