Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberapa Sering Harus Membersihkan Langit-langit Rumah?

Kompas.com - 05/02/2024, 15:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Plafon rumah atau langit-langit rumah adalah bagian penting dari rumah Anda. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan langit-langit rumah tetap bersih.

Meskipun kotoran mungkin tidak terlihat, minyak dari masakan, kotoran dari ventilasi udara, dan debu dari rutinitas sehari-hari dapat dengan mudah menumpuk di langit-langit rumah.

Menjaga area ini bebas dari kotoran dan debu penting untuk memastikan keselamatan keluarga Anda dan memberikan kesan yang baik pada tamu.

Baca juga: Cara Membersihkan Langit-Langit Rumah dengan Mudah

Ilustrasi membersihkan langit-langit rumah menggunakan kemocengShutterstock/David Spates Ilustrasi membersihkan langit-langit rumah menggunakan kemoceng

Namun seberapa sering langit-langit rumah perlu dibersihkan?

Dikutip dari House Digest, Senin (5/4/2024), frekuensi Anda harus membersihkan langit-langit bergantung pada banyak faktor pribadi, termasuk kebiasaan merokok penghuni rumah dan kelembapan wilayah tempat Anda tinggal.

Mereka yang memiliki anggota keluarga yang merokok atau memiliki alergi debu, misalnya, harus sering membersihkan langit-langit rumah, sebaiknya sebulan sekali.

Akan tetapi, mereka yang tidak memiliki kebiasaan merokok di dalam rumah, alergi, atau masalah kelembapan mungkin dapat melakukan pembersihan satu hingga tiga kali setiap tahun.

Baca juga: Dinding Vs Langit-langit, Mana yang Sebaiknya Dicat Lebih Dulu?

Cara membersihkan langit-langit rumah

Ada banyak cara membersihkan langit-langit rumah secara efektif, meskipun beberapa metode lebih teliti dibandingkan metode lainnya.

Jika Anda hanya ingin membersihkan sedikit debu, ambil kemoceng dengan pegangan yang panjang atau dapat dipanjangkan dan bersihkan debu yang terkumpul sambil berdiri di lantai atau menggunakan bangku kecil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com