Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/01/2024, 13:43 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perlengkapan rumah yang dibutuhkan saat musim hujan yaitu alat pemanas air atau water heater. Sesuai dengan namanya, alat ini digunakan untuk memanaskan air.

Alat pemanas air bisa menyediakan air panas untuk berbagai kebutuhan, seperti mandi, mencuci pakaian, dan lain sebagainya.

Baca juga: Apa Itu Teknologi Tabung Vacuum pada Pemanas Air Bertenaga Surya?

Saat ini, alat pemanas air ada banyak jenisnya. Setiap jenis memiliki keunggulan yang berbeda. Dikutip dari Chique Home Living, Selasa (23/1/2024), berikut ini beberapa jenis pemanas air yang bisa dimiliki.

Pemanas air dengan tangki penyimpanan tradisional

Ilustrasi water heaterSHUTTERSTOCK/FOCAL POINT Ilustrasi water heater

Pemanas air tangki penyimpanan tradisional adalah jenis pemanas air yang paling umum ada di rumah. Sistem ini bekerja dengan memanaskan tangki penyimpanan air menggunakan listrik atau gas alam.

Setelah air panas, air akan disimpan di tangki tersebut dan disalurkan lewat pipa saat dibutuhkan. Pemanas air dengan tangki penyimpanan cukup efisien untuk menyediakan air panas.

Modelnya juga banyak dengan fitur hemat energi, sehingga menggunakan alat pemanas ini bisa menghemat listrik di rumah.

Baca juga: Ragam Jenis Water Heater, Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Pemanas air tanpa tangki

Jenis pemanas air lainnya yaitu pemanas air tanpa tangki. Pemanas ini bisa memanaskan air sesuai permintaan.

Sesuai dengan namanya, pemanas air ini tidak memiliki tangki penyimpanan untuk menyimpan air panas. Pemanas tanpa tangki akan terus memanaskan air dingin saat mengalir melalui pipa.

Salah satu keuntungan menggunakan alat pemanas air ini yaitu lebih hemat energi dibandingkan pemanas air dengan sistem tangki konvensional. Selain itu, pemanas air tanpa tangki juga memiliki umur pakai lebih lama.

Teknologi tanpa tangki juga semakin serbaguna karena memiliki banyak model yang bisa disesuaikan dengan kondisi ruangan di rumah dan budget yang dimiliki.

Baca juga: Water Heater Tanpa Tangki, Kelebihan dan Kekurangannya

Pemanas air dengan pompa kalor

Pemanas air ini semakin populer karena bisa menggunakan energi dengan efisien. Pemanas air ini menggunakan kompresor listrik untuk memindahkan panas dari udara sekitar ke tangki.

Panas yang dihasilkan digunakan untuk memanaskan air. Sistem ini jauh lebih efisien dibandingkan pemanas air model tangki tradisional.

Pemanas air dengan pompa kalor biasanya digunakan untuk skala besar. Pemanas jenis ini juga membutuhkan perawatan rutin, seperti mengganti filter dan bak pembuangan, serta pemeriksaan saluran secara berkala.

Pemanas air bertenaga gas

Jenis pemanas air lainnya yaitu pemanas air bertenaga gas. Penggunaan pemanas ini lebih hemat, sehingga sering digunakan di rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com