Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman Bunga Dalam Ruangan yang Dapat Mekar Sepanjang Tahun

Kompas.com - 19/01/2024, 15:45 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman bunga dalam ruangan dapat menambah keindahan, warna, dan kegembiraan di rumah. 

Tak hanya itu, tanaman bunga juga bisa menghidupkan sudut ruangan yang membosankan, menyegarkan ruang bersantai, dan memberikan pemandangan yang cantik. 

Baca juga: 8 Bunga Asal China yang Populer di Dunia dan Artinya, Ada di Indonesia

Namun, tidak semua tanaman bunga bisa tumbuh subur di dalam ruangan. Jadi, Anda harus memilih tanaman bunga yang mudah ditanam dan dirawat di dalam ruangan serta terus berbunga selama bulan-bulan musim dingin. 

Nah, untuk membantu Anda, disadur dari Ever Green Seeds, Jumat (19/1/2024), berikut tanaman bunga dalam ruangan yang dapat mekar sepanjang tahun

Peace lily 

Ilustrasi tanaman peace lily.SHUTTERSTOCK/PHOTOLIFE_STYLE Ilustrasi tanaman peace lily.
Peace lily atau lili perdamaian tumbuh subur di dalam ruangan dengan cahaya redup dan mekar serta memiliki bunga putih kecil sepanjang tahun jika dirawat dengan benar. 

Tempatkan pot peace lily di dalam ruangan yang lembap, jauh dari sinar matahari langsung, dan sirami bagian dasarnya setiap kali lima sentimeter bagian atas tanah tanaman mengering.

Seka daun tanaman yang berdebu sebulan sekali dengan kain lembap untuk menjaga tingkat kelembapan tinggi yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh subur.  

Baca juga: Penyebab Bunga Es Menumpuk di Freezer dan Cara Mengatasinya

Azalea 

Selanjutnya, anaman bunga dalam ruangan yang dapat mekar sepanjang tahun adalah azalea. Azalea adalah tanaman berbunga musim semi ikonik yang terkenal dengan bunga mekarnya yang semarak dan beragam warna, seperti merah, pink, oranye, atau putih.

Siram tanaman azalea secara teratur selama musim tanam dan cubit bunga yang layu untuk meningkatkan pembungaan tambahan.

Tempatkan pot di atas nampan berisi kerikil dan air bersih untuk meningkatkan kelembapan lingkungan bagi azalea yang menyukai kelembapan ini. 

Baca juga: Cara Menanam Bunga Sedap Malam yang Cantik dan Harum

Geranium

Ilustrasi bunga geranium.Shutterstock/oxanochka2003 Ilustrasi bunga geranium.
Geranium menemukan kegembiraan pada musim semi dan musim panas ketika mekar dengan bunga acak-acakan berwarna-warni.

Geranium hadir dalam warna merah, pink, oranye, lavender, dan putih serta mengeluarkan aroma yang ringan.

Sediakan tanaman geranium tanah lembap dan memiliki drainase baik, lalu putar wadah setiap beberapa minggu untuk memastikan paparan cahaya yang merata.

Pangkas bunga yang mekar secara teratur untuk memperpanjang waktu mekarnya tanaman berbunga dalam ruangan yang ceria ini. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Tumbuh Subur di Jendela Menghadap ke Barat

African violet 

African violet juga menjadi tanaman bunga dalam ruangan yang dapat mekar sepanjang tahun. Tanaman bunga ini menampilkan daun bertangkai menawan dan bunga mekar halus— bunga berwarna-warni dalam nuansa ungu, merah muda, merah, dan putih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com