Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Ras Anjing Besar yang Ramah untuk Keluarga, Ada Rottweiler

Kompas.com - 07/01/2024, 09:35 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa orang lebih menyukai memelihara anjing besar dibanding kecil lantaran sejumlah alasan, seperti lebih enak dipeluk dan memiliki banyak energi untuk diajak bermain.

Ada banyak ras anjing besar yang ramah untuk keluarga di dunia, tetapi ada beberapa ras tertentu terkenal karena sikapnya yang setia, penuh kasih, dan lembut meski ukurannya bisa lebih besar. 

Baca juga: 7 Ras Anjing yang Senang Berlari, Cocok untuk Pelari

Semua orang yang suka berpelukan dengan anjing "raksasa" menganggapnya sebagai anjing pangkuan serta memiliki kepribadian tenang dan sabar. 

Meski begitu, tetap harus memberikan pelatihan dan sosialisasi tepat untuk memastikan sahabat bulu yang dibawa ke dalam keluarga Anda memiliki temperamen serta perilaku yang baik. 

Begitu pun, setiap keluarga, terlebih bila memiliki anak kecil di rumah, harus diajari bersikap hormat di sekitar anjing dengan memberikan ruang yang mereka butuhkan.

Bahkan anjing paling sabar dan toleran pun dapat didorong hingga batas kemampuannya oleh anak yang terlalu bersemangat atau kasar. 

Nah, berikut ini sejumlah ras anjing besar yang ramah untuk keluarga disadur dari The Spruce Pets, Minggu (7/1/2024).  

Baca juga: Penyebab Anjing Tidur Terlalu Banyak dan Cara Mengatasinya

Labrador retriever

Ilustrasi anjing Labrador retriever.Shutterstock/sanjagrujic Ilustrasi anjing Labrador retriever.
Dari kepribadiannya yang manis dan penuh kasih hingga semangat yang besar, ada banyak hal yang disukai dari anjing Labrador retriever.

Labrador retriever secara konsisten menduduki peringkat dari tahun ke tahun sebagai ras anjing paling dicintai di Amerika Serikat.

Anjing Labrador dikenal dengan kecerdasan dan temperamen yang baik. Dikembangbiakkan sebagai anjing pemburu, Labrador retriever adalah sahabat yang sangat baik dan lebih mudah dilatih daripada ras lainnya.

Karena itu, Labrador retriever sering digunakan sebagai anjing penolong bagi tunanetra, bantuan bagi penyandang cacat, anjing terapi, serta anjing pencarian dan penyelamatan. 

Baca juga: Apakah Pohon Natal Beracun untuk Anjing dan Kucing? 

Golden retriever

Selanjutnya, ras anjing besar yang ramah untuk keluarga adalah Golden retriever. Sepupu dari Labrador retriever digambarkan sebagai anjing keluarga klasik dalam film dan televisi, dari komedi situasi tahun 90-an Full House hingga waralaba film Air Bud.

Anjing Golden retriever dikenal karena kepribadiannya yang sangat manis dan penyayang, sabar, dan cerdas. Golden retriever adalah pilihan utama lainnya untuk digunakan sebagai anjing pencari dan penyelamat, terapi, atau anjing penghibur.

German shepherd

Ilustrasi anjing German shepherd Shutterstock/Dmitry Kalinovsky Ilustrasi anjing German shepherd
German Shepherd telah lama digunakan sebagai anjing pemburu dan penggembala di Jerman. Sering dilatih sebagai anjing pelacak, bekerja dengan polisi, pencarian dan penyelamatan, serta militer karena kecerdasan dan sikap pekerja keras yang dimilikinya

Namun, German shepherd juga menjadi ras anjing besar yang ramah untuk keluarga karena  sangat setia, penyayang, dan sebagai anjing pelindung sehingga menjadikannya pilihan  sempurna untuk keluarga yang aktif.  

Baca juga: 6 Ras Anjing Berwajah Seram, Tertarik Memeliharanya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com