Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/01/2024, 13:20 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Serat kain biasanya akan muncul pada pakaian yang umur pakaian sudah lama. Serat ini muncul akibat pemakaian yang sudah lama dan proses pencucian di mesin cuci secara terus menerus.

Serat ini berukuran kecil dan halus. Serat kain akan membuat pakaian kurang nyaman saat dikenakan dan mengganggu penampilan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Serat Kain pada Pakaian

Jika terdapat pakaian yang memiliki serat halus, maka sebaiknya segera atasi masalah tersebut sebelum semakin parah. Cara menghilangkan serat halus di pakaian sebenarnya tidak sulit.

Dikutip dari Southern Living, Rabu (3/1/2024), berikut cara menghilangkan serat pada pakaian dengan mudah.

Gunakan selotip

ilustrasi menghilangkan serat pada pakaianShutterstock/GS23 ilustrasi menghilangkan serat pada pakaian

Selotip merupakan alat kantor yang ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan serat kain. Selotip bisa dililitkan ke jari dengan bagian lengket menghadap keluar.

Lalu, tempelkan jari yang sudah dililit dengan selotip, kemudian tekan perlahan sampai serat kain menempel. Angkat jari untuk membersihkan serat dari pakaian tersebut.

Baca juga: 5 Cara Tepat Mencuci Hoodie agar Tidak Merusak Serat Kain dan Luntur

Pisau cukur

Selain menggunakan selotip, cara menghilangkan serat pada pakaian juga bisa menggunakan pisau cukur. Alat cukur ini bisa menghilangkan serat dengan efektif.

Letakkan pakaian di permukaan yang rata, kemudian gerakkan pisau cukur di atasnya dengan gerakan halus.

Cara ini bisa menghilangkan lapisan serat tanpa merusak pakaian. Setelah semua serat terangkat, bersihkan pakaian dan lipat pakaian dengan rapi.

Potong serat dengan gunting kecil

Tak hanya pisau cukur, gunting kecil juga bisa digunakan untuk menghilangkan serat pada pakaian. Letakkan pakaian di permukaan rata, lalu potong serat kain secara perlahan menggunakan gunting kecil.

Potongan serat dibuang agar pakaian kembali halus dan nyaman saat dikenakan. Jika memiliki roller serat, gunakan alat tersebut untuk menyingkirkan serat yang sudah terpotong.

Baca juga: Ketahui, Ini Suhu Air Terbaik Mencuci Pakaian Putih di Mesin Cuci

Ubah cara mencuci

Terakhir, cara menghilangkan serat pada pakaian yaitu dengan mengubah cara mencuci pakaian. Jika pakaian sudah bersih, namun masih banyak seratnya, maka cucilah kembali pakaian tersebut.

Tambahkan cuka sulit saat mencuci pakaian tersebut. Cuka berguna sebagai pengganti detergen.

Selain itu, cuka juga bisa mengurangi listrik statis dan mengendurkan serat, sehingga gerakan mesin cuci bisa lebih mudah menghilangkan serat di pakaian tersebut.

Pakaian yang mudah berserabut juga sebaiknya dicuci menggunakan siklus pencucian lembut dengan suhu rendah untuk mengurangi risiko pakaian berserat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com