Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengeringkan Pakaian Saat Musim Hujan Agar Tidak Apek

Kompas.com - 31/12/2023, 10:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan telah tiba, beberapa daerah di Indonesia bahkan diguyur hujan hampir setiap hari. Salah satu hal yang sering muncul saat musim hujan yaitu pakaian yang sulit kering.

Kelembapan tinggi dan penyinaran matahari yang kurang membuat pakaian basah yang telah dicuci sulit dikeringkan. Permasalahan tersebut akan semakin pelik jika tidak memiliki pengering baju di rumah.

Baca juga: 6 Tips Mengeringkan Baju Saat Musim Hujan dengan Mudah

Pakaian yang tidak segera dikeringkan setelah dicuci biasanya akan mengeluarkan aroma tak sedap. Selain itu, tak menutup kemungkinan muncul jamur dan bakteri yang bisa menyebabkan alergi.

Maka dari itu, penting untuk mencari alternatif cara agar pakaian tetap bisa dikeringkan meski sedang hujan deras. Dikutip dari Lumina House, Minggu (31/12/2023), berikut ini cara mengeringkan pakaian saat musim hujan.

Buat skala prioritas

Ilustrasi menjemur pakaianShutterstock/BUSRA BEDEL Ilustrasi menjemur pakaian

Saat banyak pakaian kotor, mungkin kita akan langsung mencuci semua pakaian tersebut. Saat musim hujan tiba, kebiasaan tersebut sebaiknya tidak dilakukan.

Sebaiknya, buat skala prioritas pakaian yang akan dicuci. Cuci terlebih dahulu pakaian yang sudah benar-benar kotor dan akan segera digunakan.

Baca juga: Cara Mengeringkan Pakaian Saat Musim Hujan agar Tidak Bau

Dengan membuat skala prioritas, maka proses pengeringan pakaian menjadi lebih mudah dan cepat kering karena ruang pengeringan lebih longgar.

Pastikan air sudah tidak menetes

Setelah mencuci pakaian, jangan buru-buru mengeringkan pakaian sebelum meneteskan airnya. Apabila air telah menetes, maka pakaian basah bisa dikeringkan di dalam mesin pengering atau langsung di gantung di tali jemuran.

Menjemur pakaian di ruangan berventilasi baik

Saat musim hujan, biasanya kita akan menjemur pakaian di dalam ruangan beratap. Namun, pastikan untuk menjemur pakaian di ruangan berventilasi baik.

Dengan sirkulasi yang baik, maka ruangan tetap kering, bebas jamur, dan persebaran tungau bisa dicegah.

Baca juga: 6 Cara Aman Menjemur Pakaian di Dalam Ruangan

Mengurangi kelembapan di dalam ruangan

Selain memastikan sirkulasi udara lancar, ruangan tempat menjemur pakaian juga harus kering atau minim kelembapan. Dengan kelembapan yang rendah, maka pakaian akan cepat kerang.

Cara membuat kelembapan ruangan rendah cukup dengan memasang kantung pembersih udara dan kantung garam. Selain itu, meletakkan dehumidifier juga bisa mempercepat proses pengeringan pakaian.

Menjemur pakaian di gantungan baju

Cara mengeringkan pakaian saat musim hujan lainnya yaitu menjemur di gantungan baju. Gantungan baju bisa mengeringkan pakaian dengan mudah, tanpa memerlukan pengering listrik.

Jika ruangan sempit, maka sebaiknya buat jemuran secara vertikal agar tidak memakan banyak ruang dan bisa mengeringkan pakaian dengan efektif.

Baca juga: Catat, Ini Cara Mengeringkan dan Menjemur Pakaian agar Tidak Kusut

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com