Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2023, 21:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Whirlpool


JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci pakaian bayi perlu dilakukan dengan hati-hati. Pakaian bayi membutuhkan perlakuan khusus dibandingkan dengan pakaian orang dewasa.

Sebab, kulit bayi masih sangat sensitif, sehingga kebersihan pakaian yang dikenakan harus terjaga. Bahan pembersih yang digunakan untuk mencuci pakaian bayi juga perlu diperhatikan.

Baca juga: Bolehkah Mencuci Pakaian Bayi dengan Mesin Cuci?

Jika baju bayi tidak dicuci dengan benar, maka berisiko memicu iritasi pada kulit bayi yang masih sangat sensitif. Oleh karena itu, mencuci pakaian bayi dengan aman merupakan salah satu keahlian yang perlu dimiliki para orang tua.

Dikutip dari Whirlpool, Selasa (19/12/2023), berikut ini cara mencuci pakaian bayi dengan aman agar tidak menimbulkan iritasi di kulit bayi.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

Ilustrasi mencuci pakaian bayi.Shutterstock/New Africa Ilustrasi mencuci pakaian bayi.

  • Detergen lembut atau detergen khusus untuk baju bayi
  • Penghilang noda (opsional)
  • Sikat berbulu lembut (opsional)
  • Mesin cuci
  • Pengering

Baca juga: Catat, Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mencuci Pakaian Bayi

Cek label perawatan pakaian

Sebelum mencuci baju bayi, pastikan untuk membaca label perawatan yang tertera di pakaian tersebut. Terkadang, pada label perawatan terdapat keterangan cara mencuci dan mengeringkan pakaian tersebut.

Pilah pakaian yang akan dicuci

Langkah selanjutnya yaitu memilah pakaian yang akan dicuci. Pastikan mengelompokkan pakaian berdasarkan bahan dan warnanya.

Pakaian putih sebaiknya tidak dicuci bersama dengan pakaian yang berwarna agar pakaian putih tetap bersih.

Baca juga: Cara Membersihkan Aneka Noda pada Pakaian Bayi

Bersihkan noda terlebih dahulu

Untuk mengatasi noda membandel pada pakaian bayi akibat gumoh, tumpahan susu, atau makanan bayi, gunakan detergen atau bahan pembersih khusus. Gosok perlahan menggunakan sikat berbulu halus, sampai semua noda terangkat.

Masukkan pakaian bayi ke dalam mesin cuci

Jika noda sudah terangkat, cara mencuci pakaian bayi dengan aman selanjutnya yaitu memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci.

Apabila mencuci bersama dengan barang-barang kecil seperti kaus kaki dan kaus tangan, maka sebaiknya masukkan kaus kaki dan kaus tangan ke dalam kantong cucian berbahan jaring agar tidak hilang.

Baca juga: 7 Tips Mencuci Pakaian Bayi agar Bersih, Awet dan Wangi

Tambahkan detergen dan nyalakan mesin cuci

Berikutnya, masukkan detergen dan air ke dalam mesin cuci. Lalu, nyalakan mesin cuci dan aktifkan mode halus agar pakaian bayi tidak rusak.

Keringkan pakaian bayi

Ilustrasi mencuci pakaian bayi.Shutterstock/Tatevosian Yana Ilustrasi mencuci pakaian bayi.

Setelah bersih, keringkan pakaian bayi agar tidak bau apek. Pakaian bayi bisa dikeringkan di tali jemuran agar tidak kusut. Terakhir, jemur pada area yang terkena sinar matahari, namun tidak terlalu terik agar pakaian tidak mudah rusak.

Apakah pakaian bayi perlu dicuci sebelum digunakan?

Bayi yang baru lahir memiliki kulit yang sangat sensitif. Maka dari itu, pakaian bayi baru perlu dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan.

Baca juga: Simak, Cara Mencuci dan Merawat Pakaian Bayi

Selain membuat pakaian lebih bersih, mencuci pakaian bayi juga bisa mengurangi jumlah bahan kimia yang mungkin masih tersisa dari proses pembuatan. Mencuci pakaian juga bisa membunuh kuman dan alergen penyebab alergi pada bayi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com