Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/12/2023, 10:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ingin merawat kucing peliharaan di rumah, penting untuk memenuhi semua kebutuhan dan menjamin kenyamanannya.

Salah satu hal yang perlu dilakukan yaitu memastikan rumah ramah kucing peliharaan. Dengan demikian, kucing tetap nyaman dan aman saat beraktivitas di dalam maupun di halaman rumah.

Untuk membuat rumah yang ramah kucing sebenarnya tidak sulit. Dikutip dari Custom Home Group, Selasa (26/12/2023), berikut ide desain rumah yang ramah kucing peliharaan.

Baca juga: Ide Mendekorasi Rumah Ramah Hewan Peliharaan

Sisakan ruang di lahan rumah untuk tempat bermain kucing

Ilustrasi kucing di halaman rumput.Shutterstock/Marina Demidiuk Ilustrasi kucing di halaman rumput.

Salah satu cara membuat rumah ramah kucing peliharaan yaitu dengan menyisakan sedikit lahan di belakang rumah sebagai area bermain kucing.

Area halaman belakang rumah bisa dibuat berumput maupun tidak berumput. Namun, pastikan area tersebut aman untuk kucing bermain.

Tak hanya berguna untuk bermain kucing peliharaan, area halaman belakang rumah juga bisa dimanfaatkan untuk bersantai bersama keluarga maupun berolahraga.

Pertimbangkan juga untuk mendekorasi halaman belakang rumah dengan menanam berbagai jenis tanaman dan ornamen dekorasi luar ruangan lainnya. Dengan demikian, rumah terlihat lebih menarik dan cantik.

Baca juga: Cara Menciptakan Kebun yang Ramah Kucing Peliharaan

Pertimbangkan membuat catio di teras rumah

Ide desain rumah yang ramah kucing selanjutnya yaitu buat catio di teras rumah. Catio adalah kandang luar ruangan agar kucing tetap aman selama berada di luar rumah.

Kandang ini dibuat dengan jeruji besi yang memungkinkan kucing melihat alam sekitar dan menghirup udara segar dengan leluasa. Dengan demikian, kucing tidak merasa terkurung.

Catio juga sebaiknya dibuat cukup besar agar kucing tetap bergerak dengan nyaman.

Pasang pagar di halaman rumah

Hewan peliharaan seperti kucing suka berlarian di halaman rumah. Maka dari itu, penting untuk memastikan keamanan saat kucing bermain di halaman rumah.

Salah satu caranya yaitu dengan membuat pagar yang mengelilingi halaman rumah. Pagar membuat kucing lebih aman dari gangguan hewan liar dan membuat teman bulu tidak bepergian jauh dari rumah.

Selain itu, pagar bisa menjaga privasi. Buatlah pagar dengan cantik dan menarik agar rumah terlihat elegan.

Baca juga: 6 Cara Mendesain Rumah yang Ramah Hewan Peliharaan

Buat jendela

Jika kucing ditempatkan di dalam rumah, maka pastikan untuk membuat banyak jendela di rumah. Jendela yang memadai bisa membuat cahaya alami masuk ke dalam rumah, sehingga hunian terasa hangat dan terang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com