Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Dekorasi Ruang Bermain untuk Anak Laki-laki

Kompas.com - 25/12/2023, 19:20 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber Livingetc


JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang bermain merupakan area yang dibuat khusus untuk tempat bermain anak. Ruangan ini dibuat agar anak-anak hanya bermain di satu tempat, sehingga area rumah lainnya tetap rapi.

Tak hanya itu, ruang bermain juga bisa difungsikan sebagai tempat belajar dan tempat penyimpanan barang-barang milik anak.

Baca juga: 5 Tips Menata Ruang Bermain Anak agar Nyaman Saat Digunakan

Pentingnya ruang bermain membuat para orang tua harus memikir desain serta dekorasi ruangan agar nyaman dan fungsional. Biasanya, para orang tua akan mendekorasi ruang bermain sesuai jenis kelamin anak.

Ruang bermain anak laki-laki biasanya identik dengan warna-warna maskulin, sedangkan ruang bermain anak perempuan dibuat lebih feminin.

Dikutip dari Livingetc, Senin (25/12/2023), berikut ide dekorasi ruang bermain untuk anak laki-laki yang menarik.

Buat ruang bermain terhubung dengan ruangan lain

Ilustrasi ruang bermain anak.Shutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi ruang bermain anak.

Jika anak masih kecil, maka sebaiknya ruang bermain dibuat terhubung dengan ruangan lain. Cara ini akan mempermudah orang tua untuk mengawasi anaknya saat bermain.

Baca juga: 7 Ide Memasukkan Warna ke Ruang Bermain Anak

Sementara itu, untuk membedakan ruangan yang terhubung bisa dilakukan dengan permainan warna. Sebaiknya pilih warna berbeda untuk dua ruangan yang saling terhubung.

Namun, perpaduan warna tersebut harus tetap serasi agar tetap nyaman. Misalnya, menggunakan warna merah terang dengan hijau kalem.

Hadirkan motif yang tidak lekang oleh zaman

Ruang bermain biasanya disesuaikan dengan pertumbuhan anak. Hal ini bisa membuat orang tua sedikit repot karena harus mendekorasi ulang ruang bermain anaknya.

Oleh karena itu, salah satu cara agar tidak selalu mengubah ornamen dekorasi ruangan yaitu dengan menggunakan motif yang tidak lekang oleh zaman.

Baca juga: 7 Ide Menciptakan Ruang Bermain Anak yang Menyenangkan dan Kreatif

Motif geometris bisa menjadi pilihan karena pola ini tidak lekang oleh zaman. Motif ini membuat ruangan bisa digunakan saat anak-anak masih kecil sampai usia remaja hingga dewasa.

Gunakan bahan alami

Selanjutnya, ide dekorasi ruang bermain untuk anak laki-laki yaitu menggunakan bahan-bahan alami. Sebagai contoh, gunakan cat yang terbuat dari bahan alami yang tidak berbahaya untuk anak-anak.

Selain itu, gunakan juga ornamen dekorasi dari kayu maupun material alami lainnya yang tidak mengandung racun.

Baca juga: 6 Tips Menciptakan Ruang Bermain Ramah Anak di Dalam Rumah

Buat ruang bermain multifungsi

Saat mendekorasi ruang bermain anak, sebaiknya buat ruangan lebih multifungsi. Artinya, ruangan tersebut tak hanya bisa digunakan untuk bermain, namun juga untuk aktivitas lain seperti belajar atau tidur siang.

Untuk membuat ruang bermain lebih multifungsi bisa dengan meletakkan meja dan kursi belajar atau sofa dan kasur yang dapat digunakan untuk istirahat di siang hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com