Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Ini Ragam Ukuran Lemari Pakaian, dari Kecil hingga Besar

Kompas.com - 13/12/2023, 09:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Baik saat pindah ke rumah baru maupun ingin menata lemari yang sudah ada, penting mengetahui dimensi lemari pakaian.

Memahami perbedaan antara lemari kecil yang dapat dijangkau dan lemari bilik yang lebih besar akan membantu Anda menyesuaikannya dengan lebih baik serta memaksimalkan potensi penataannya.

Nah disadur dari The Spruce, Rabu (13/12/2023) berikut sejumlah hal yang perlu Anda ketahui tentang ukuran lemari pakaian standar. 

Baca juga: 7 Barang Penyebab Kekacauan yang Harus Dibuang dari Lemari Pakaian

Kedalaman lemari standar

Ilustrasi lemari pakaian.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi lemari pakaian.
Idealnya, kedalaman lemari harus setidaknya 60 sentimeter meski bisa juga sedangkal 55 sentimetet dan sedalam 70 sentimeter, ideal untuk menyimpan barang yang lebih besar seperti mantel.

Gantungan baju dewasa berukuran standar biasanya berukuran sekitar 43-48 sentimeter, jadi Anda membutuhkan lemari dengan kedalaman yang cukup untuk menampung pakaian. 

Lemari reach-in

Sesuai dengan namanya, reach-in closet adalah lemari yang dapat dijangkau dengan cara berjalan ke dalamnya, baik dengan membuka pintu berengsel, pintu akordeon, pintu geser, pintu lipat dua, maupun tirai.

Lemari reach-in dapat ditemukan di pintu masuk, lorong, dan kamar tidur. Lemari jangkau standar Anda biasanya berbentuk persegi panjang dan lebarnya bisa berkisar antara 91 sentimeter hingga 1,2 meter. 

Lemari jangkau biasanya memiliki panjang sekitar 1,8 meter, tinggi 2,4 meter, dan lebar 60 sentimeter.  

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Apak dari Lemari Pakaian

Lemari bilik

Lemari bilik atau walk-in closets yang cukup besar menjadi impian setiap pemilik rumah. Ukuran lemari pakain bilik cukup besar untuk masuk dan berjalan-jalan.

Minimal, ukurannya setidaknya 1,5 meter x 1,5 meter, tetapi tergantung pada kebutuhan dan ruang Anda, walk-in closets dapat hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran.

Small walk-in

Ukuran lemari pakaian small walk-in adalah 1,2 meter x 2,4 meter x 1,2 meter. Untuk memaksimalkan area penyimpanan, gantungkan dua batang gantung di salah satu dinding yang lebih panjang dengan menggantungnya di ketinggian satu meter dan dua meter di atas lantai.

Agar bilik lemari kecil tidak terlalu berantakan, hindari menempatkan meja rias, bangku duduk, atau perabot lain di dalamnya.  

Baca juga: Lemari Pakaian Berantakan Berdampak Buruk pada Karier dan Kesehatan?

Medium walk-in

Ilustrasi lemari pakaian.Shutterstock/All About Space Ilustrasi lemari pakaian.
Bilik lemari berukuran sedang atau medium walk-in biasanya berukuran sekitar 7x9x6 meter. Dengan bilik lemari pakaian ukuran ini, Anda dapat memasang gantungan di beberapa dinding.

Gantungkan batang di kedua sisi lemari karena Anda akan memiliki ruang cukup untuk berjalan di antara keduanya serta yang lebih pendek di ujung terjauh lemari.

Large walk-In

Bilik lemari besar atau large walk-in sangat cocok untuk dikustomisasi dan setidaknya berukuran 3x4x2 meter

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com