Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memperpanjang Umur Pakai AC yang Penting untuk Diketahui

Kompas.com - 10/12/2023, 12:14 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Air conditioner (AC) adalah alat elektronik yang fungsinya untuk mendinginkan ruangan.

AC menjadi peralatan rumah tangga yang penting dan sering digunakan setiap hari, terutama bagi yang rumahnya di daerah panas.

Baca juga: 6 Kesalahan saat Memasang AC yang Harus Dihindari

Sama halnya dengan alat elektronik lainnya, AC juga memiliki masa pakai. Lance Sinclair, pimpinan One Hour Heating & Air Conditioning mengatakan sistem HVAC yang dipasang secara terpusat bisa bertahan selama 10 sampai 20 tahun.

Sedangkan unit AC jendela biasanya dapat digunakan 8 hingga 10 tahun. Namun, penggunaan dan perawatan yang benar bisa membuat umur pakai alat elektronik ini lebih lama.

Dikutip dari Better Homes Gardens, Minggu (10/12/2023), berikut ini cara memperpanjang umur pakai AC yang perlu diketahui.

Faktor yang mempengaruhi umur AC

ilustrasi memasang AC di rumahShutterstock/Studio Romantic ilustrasi memasang AC di rumah

Banyak faktor yang mempengaruhi masa pakai AC, seperti perawatan, penggunaan, kondisi cuaca, dan kualitas unit. Perawatan rutin memiliki pengaruh signifikan terhadap umur pakai alat elektronik ini.

Baca juga: 5 Penyebab AC Tiba-tiba Mati, Apa Saja?

Mengganti filter, membersihkan unit dan saluran HVAC luar ruangan, serta perawatan profesional selama tiga bulan sekali bisa membuat perbedaan besar.

Selain faktor perawatan, hal lain yang juga mempengaruhi umur pakai AC yaitu durasi penggunaan. Unit AC yang dioperasikan dalam jangka waktu lama pada suhu rendah akan lebih cepat aus dibandingkan unit yang digunakan sesekali.

Namun, penggunaan AC juga bergantung pada kondisi cuaca di luar lingkungan. AC yang digunakan di daerah panas atau yang kualitas udaranya buruk akan lebih mudah rusak dibandingkan AC di wilayah yang lebih sejuk.

Hal ini ditegaskan oleh Sinclair yang mengatakan bahwa waktu pakai yang lama, kelembapan tinggi, dan korosi akibat garam bisa mengurangi masa pakai pada sistem HVAC secara signifikan.

Baca juga: Catat, Ini Durasi Menyalakan AC Setiap Harinya

Faktor lain yang juga mempengaruhi umur pakai AC yaitu teknologi yang digunakan. Model dan teknologi AC yang canggih kemungkinan besar akan lebih awet dibandingkan model AC lama.

Cara memperpanjang umur pakai AC

Secara teori, cara memperpanjang umur pakai AC yaitu dengan melakukan perawatan yang benar. Untuk unit AC yang dipasang di dinding, pastikan pemasangannya benar dan diletakkan di ruangan yang ukurannya tepat.

Langkah ini tak hanya membuat umur pakai AC semakin lama, namun juga bisa memaksimalkan kerja dari alat elektronik ini.

Sinclair menyarankan kepada para pemilik AC untuk menjadwalkan pemeriksaan secara rutin. Setidaknya, lakukan perawatan dua kali dalam satu tahun yakni sebelum musim hujan dan sebelum musim kemarau.

Baca juga: Cara Memaksimalkan Kinerja AC Saat Cuaca Panas, Dijamin Bikin Dingin

Ilustrasi Air conditioner (AC) Ilustrasi Air conditioner (AC)

Namun, penting untuk diingat bahwa unit AC lama memerlukan perawatan lebih dibandingkan unit AC baru.

Selain melakukan penjadwalan perawatan, Sinclair juga merekomendasikan pemilik AC untuk mengganti atau membersihkan filter udara membersihkan area sekitar unit AC di luar ruangan, dan membersihkan kotoran di dasar unit.

Sementara itu, untuk mencegah unit bekerja terlalu keras, pemilik perlu menjaga kondisi rumah agar tetap dingin seperti menggunakan kipas angin di langit rumah, menutup gorden untuk mengurangi panas, dan mengisolasi rumah dengan benar.

Cara ini bisa mengurangi tekanan pada AC di hari yang sangat panas dan membantu memperpanjang umur pakai AC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com