Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2023, 22:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comMawar putih merupakan salah satu jenis mawar yang banyak disukai. Bunga ini memiliki penampilan yang cantik.

Jika ditanam di taman rumah, maka mawar putih akan memberikan kesan elegan dan mewah. Selain ditanam di kebun, mawar juga bisa ditanam di pot.

Sama halnya dengan bunga lainnya, mawar putih juga mudah ditanam. Dilansir dari House Beautiful, Selasa (28/11/2023), berikut ini cara menanam mawar putih dengan mudah.

Baca juga: Tips Mudah Menanam Mawar dari Stek

Syarat tumbuh tanaman

bunga mawar putihShutterstock/bietsu bunga mawar putih

Sebelum menanam mawar, pertimbangkan kebutuhan tanaman agar bisa tumbuh dengan maksimal. Berikut syarat tumbuh bunga mawar yang harus dipenuhi.

  • Pencahayaan yang cukup

Seperti tanaman bunga lainnya, mawar putih juga membutuhkan penyinaran matahari yang cukup. Setidaknya enam hingga delapan jam per hari.

Penyinaran yang optimal akan membuat bunga tumbuh dengan baik. Sebaliknya, penyinaran yang kurang akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman tersebut.

Tak hanya itu, penyinaran yang kurang optimal juga bisa meningkatkan serangan hama dan penyakit.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Mawar dari Buket

 

Melihat pentingnya peran sinar matahari, maka jangan lupa untuk mempertimbangkan kondisi penyinaran di lahan yang akan ditanami.

  • Tanah

Bunga mawar menyukai tanah yang gembur dan liat, sehingga akarnya bisa bergerak dan tumbuh dengan mudah. Sebaliknya, tanah yang terlalu berat akan menghambat mawar dan menyebabkan genangan air.

Kebanyakan mawar juga menyukai tanah yang sedikit asam. Maka dari itu, sebelum melakukan penanaman, penting untuk mengecek kondisi pH tanah tersebut.

  • Air

Selain penyinaran matahari dan tanah, ketersediaan air juga akan mempengaruhi pertumbuhan bunga mawar. Tanaman mawar menyukai air, namun tidak bisa tumbuh apabila jumlah air terlalu banyak.

Baca juga: 5 Kesalahan Menanam Bunga Mawar yang Harus Dihindari

tanaman mawar putihShutterstock/Setunna tanaman mawar putih

Tanaman mawar harus disiram secara menyeluruh setidaknya dua kali seminggu selama musim kemarau. Akan tetapi, pastikan drainase tanah berfungsi dengan baik.

Untuk menghemat air saat musim kemarau, kamu bisa memasang mulsa di sekitar akar tanaman selama musim kemarau untuk menjaga kelembapan tanah.

Cara menanam bunga mawar putih

Sebelum menanam mawar, kamu perlu memperbaiki tanah yang akan ditanami. Gemburkan tanah dan berikan kompor organik untuk menambah nutrisi dalam tanah.

Sebaiknya, gunakan pupuk slow release agar nutrisi dari pupuk tersedia dalam waktu yang alam. Setelah tanah gembur dan sesuai untuk ditanami, buat lubang tanam dan letakkan bibit mawar. Kemudian, tutup lubang tanam dengan tanah agar pertumbuhannya maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com