Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menata Lemari Baju Anak Agar Rapi dan Teratur

Kompas.com - 27/11/2023, 13:08 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comLemari pakaian menjadi salah satu perabotan yang harus ada di kamar anak. Sesuai dengan namanya, lemari ini digunakan untuk menyimpan pakaian anak.

Berbeda dengan lemari lainnya, lemari pakaian anak biasanya berukuran lebih kecil. Meski berukuran kecil, menata lemari baju anak cukup sulit.

Sebab, lemari ini tidak memiliki ruang penyimpanan yang luas. Jika pakaian sudah banyak, maka penataan lemari perlu trik khusus.

Dilansir dari House Beautiful, Senin (27/11/2023), berikut ini tips menata lemari baju anak agar tetap rapi dan teratur.

Baca juga: Lemari Pakaian Anak Berantakan? Ini 4 Cara Cerdas Mengaturnya

Manfaatkan ruang vertikal

lemari anakShutterstock/Becky Wright Photography lemari anak

Salah satu cara untuk menjaga kerapian lemari yaitu dengan mengoptimalkan ruang penyimpanan. Semua bagian penyimpanan dimanfaatkan dengan maksimal, termasuk bagian atas lemari.

Walaupun anak-anak mungkin sulit menjangkau, bagian tersebut tetap perlu digunakan untuk menyimpan pakaian agar ruang penyimpanan maksimal.

Sebagai gantinya, kamu perlu membantu anak ketika hendak mengambil barang yang disimpan di bagian atas lemari.

Kumpulkan barang-barang berdasarkan warnanya

Agar terlihat lebih menarik, kamu bisa menyusun barang-barang di lemari anak berdasarkan warnanya. Cara penyimpanan seperti ini akan membuat lemari terlihat lebih rapi.

Baca juga: Tips Menjaga Lemari Pakaian Anak Tetap Rapi dan Teratur

Selain itu, penyimpanan barang berdasarkan warnanya membuat tampilan visual yang lebih menarik. Anak-anak pun akan lebih mudah menemukan barang yang mereka cari.

Pasang wallpaper di dalam lemari

Tips menata lemari baju anak tak hanya berkaitan dengan penyimpanan barang, namun juga berhubungan dengan estetika ruang penyimpanan tersebut.

Salah satu cara membuat lemari terlihat lebih cantik yaitu dengan memasang wallpaper. Dengan memasang wallpaper, maka ruang penyimpanan akan fokus ke wallpaper tersebut, bukan barang-barang yang disimpan didalamnya.

Memanfaatkan laci

Di dalam lemari biasanya terdapat laci. Pastikan untuk memanfaatkan laci dalam lemari untuk menyimpan barang-barang yang ukurannya kecil, seperti aksesori, dasi, atau kaos kaki.

Baca juga: Tips Cerdas Menjaga Lemari Pakaian Anak Tetap Rapi

rak baju anakShutterstock/Tasha Horse rak baju anak

Menyimpan barang di dalam laci akan membuat lemari lebih rapi dan menjaga kebersihan barang-barang tersebut.

Gunakan rak pakaian

Selain menyimpan pakaian di dalam lemari, kamu juga bisa memanfaatkan rak pakaian sebagai ruang penyimpanan tambahan.

Dengan menggunakan rak, maka kamu bisa mengganti pakaian dan mengambilnya dengan mudah. Ruang penyimpanan ini cocok untuk kamu yang memiliki rumah kecil karena tidak membutuhkan tempat yang luas.

Itulah beberapa tips menata lemari baju anak agar tetap rapi dan teratur. Rapikan lemari dengan rutin karena biasanya lemari anak lebih mudah berantakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com