Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Ide Dekorasi Ruang Tamu dengan Sofa Berwarna Coklat Tua

Kompas.com - 25/11/2023, 09:37 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com – Sofa menjadi salah satu furnitur yang sering ditempatkan di ruang tamu. Ada beragam warna sofa yang cocok dipadukan dengan dekorasi ruang tamu.

Salah satu warna sofa yang banyak disukai yaitu warna coklat tua. Meski gelap, sofa coklat tua membuat ruangan terasa lebih lembut dan nyaman.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (25/11/2023), berikut ini beberapa ide dekorasi ruang tamu dengan sofa berwarna coklat tua agar terlihat semakin estetik.

Baca juga: 5 Cara Mendekorasi Ruang Tamu dengan Sofa Coklat

Tampilkan gaya kontemporer

Ruang tamu bergaya kontemporer sangat cocok dipadukan dengan sofa beludru berwarna coklat tua dengan kaki sofa terbuat dari kayu.

Ilustrasi sofa kulit.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi sofa kulit.

Dekorasi seperti ini memberikan kesan sederhana dan nyaman. Untuk menambah nilai estetika dalam ruangan, kamu bisa memadukannya dengan meja kopi berwarna gelap yang diletakkan di tengah ruangan sebagai titik fokus.

Letakkan sofa saling berhadapan

Jika kamu sering menggunakan ruang tamu untuk berdiskusi atau berbincang, maka kamu bisa meletakkan dua sofa saling berhadapan.

Kamu bisa menggunakan sofa kulit berwarna coklat tua agar ruangan terlihat nyaman dan cantik. Sofa ini cocok dipadukan dengan dinding berwarna putih dan abu-abu. Tambahkan lukisan untuk membuat dinding lebih cantik.

Baca juga: 5 Warna yang Cocok Dipadukan dengan Sofa Kulit Coklat

Padukan dengan warna cerah

Menghadirkan warna cerah juga menjadi salah satu ide dekorasi ruang tamu dengan sofa berwarna coklat tua. Warna cerah yang bisa kamu tampilkan yaitu biru, kuning, dan hijau.

Perpaduan warna coklat gelap dengan warna cerah akan membuat ruangan terlihat cerah dan seimbang. Selain itu, kombinasi warna-warna tersebut membuat ruangan terlihat lebih unik.

Lengkapi dengan lemari kayu berwarna senada

Sofa berwarna coklat tua sangat serasi apabila dipadukan dengan lemari kayu berwarna senada. Kamu bisa meletakkan lemari di belakang sofa.

Jika kamu memiliki rumah dengan konsep terbuka, maka kamu bisa menempatkan ruang tamu di dekat dapur. Kemudian, lemari tersebut bisa diletakkan di dapur yang terlihat dari ruang tamu.

Padukan dengan dinding berwarna hitam tua

Selain dikombinasikan dengan warna cerah, sofa coklat tua juga cocok dipadukan dengan dinding berwarna hitam tua.

Baca juga: 7 Warna yang Cocok Dipadukan dengan Warna Hitam

Perpaduan sofa coklat dengan dinding hitam akan menciptakan suasana murung di ruang tamu. Jika kamu ingin tampilan ruangan yang nyaman, perpaduan dua warna ini merupakan pilihan yang ideal.

Tambahkan bantal berwarna coklat

Ilustrasi ruang tamu minimalis dengan sofa berwarna cokelatSHUTTERSTOCK/WUTTHICHAI1983 Ilustrasi ruang tamu minimalis dengan sofa berwarna cokelat

Bantal berwarna coklat juga bisa menjadi ide dekorasi ruang tamu dengan sofa berwarna coklat. Sofa dan bantal berwarna coklat bisa diletakkan di ruang tamu berkonsep modern.

Kamu juga bisa memadukannya dengan berbagai pola dan corak berbeda untuk membuat ruangan terasa lebih menyenangkan.

Letakkan karpet tenun berwarna hangat

Karpet tenun berwarna hangat juga akan membuat sofa berwarna coklat tua. Kamu bisa memilih karpet berwarna merah, oranye, atau warna serupa yang membuat suasana terasa lebih menyenangkan dan nyaman.

Baca juga: 6 Warna Karpet untuk Ruang Tamu, Apa Saja?

Cat dinding dengan warna hijau tua

Ide dekorasi ruang tamu dengan sofa berwarna coklat tua juga bisa dipadukan dengan cat dinding berwarna hijau tua. Dinding berwarna gelap akan membuat ruangan lebih indah dan bersahaja. Untuk menyeimbangkan warna gelap, kamu bisa meletakkan ornamen dekorasi berwarna terang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com