Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Saluran Pembuangan Kamar Mandi yang Berbau dan Kotor

Kompas.com - 18/11/2023, 21:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan kamar mandi sudah dilakukan secara rutin dan baik, tapi bagaimana dengan saluran pembuangan air?

Ya, saluran pembuangan kamar mandi juga harus dibersihkan secara menyeluruh. Pasalnya, ini menjadi lubang pembuangan air, buih sabun, sampo, dan produk perawatan tubuh lainnya. 

Baca juga: 8 Sisa Makanan Ini Tidak Boleh Dibuang ke Saluran Pembuangan Wastafel

Tak heran, saluran pembuangan kamar mandi dapat kotor, berjamur, dan berbau layaknya telur busuk ketika tidak membersihkannya secara rutin. 

Meski tidak menyenangkan membersihkannya, tugas ini hanya membutuhkan waktu beberapa menit untuk menyelesaikannya.

Mengapa saluran pembuangan kamar mandi perlu dibersihkan? 

Ilustrasi saluran pembuangan air kamar mandi.Shutterstock/uduhunt Ilustrasi saluran pembuangan air kamar mandi.
Jika saluran pembuangan kamar mandi yang berbau tidak cukup membuat Anda memeriksanya, pasti ada sesuatu yang mengintai di bawah sana.

Dengan semua produk, kotoran, dan rambut yang masuk ke saluran pembuangan kamar mandi, tidak mengherankan jika tempat ini menjadi tempat pertumbuhan jamur dan semua jenis bakteri.

Tidak hanya merusak pemandangan, bau yang kuat dan tidak sedap yang ditimbulkan dapat berdampak buruk bagi kesehatan, seperti sakit kepala, mual, bahkan iritasi pada hidung dan paru-paru.  

Baca juga: Bahaya Menggunakan Cuka dan Baking Soda untuk Membersihkan Saluran Air

Cara membersihkan saluran pembuangan kamar mandi yang kotor

  • Lepaskan penutup saluran pembuangan

Pertama, buka penutup saluran pembuangan kamar mandi. Jika bekerja dengan saluran pembuangan linier atau yang tidak dilengkapi sekrup, gunakan obeng kepala datar atau tang berujung jarum untuk membuka penutupnya.

  • Keluarkan kotoran

Sambil mengenakan sarung tangan karet, bersihkan gumpalan rambut atau kotoran yang terperangkap di bawah saringan dan sekitar badan saluran pembuangan.

Jangan ragu menggunakan drain snake atau ular penguras guna menjangkau lebih jauh ke dalam pipa. Anda dapat dengan mudah menemukan ular plastik di toko-toko perlengkapan rumah tangga atau secara online.  

Baca juga: Cara Mengatasi Saluran Air yang Tersumbat dengan Baking Soda

  • Gosok

Cara membersihkan saluran pembuangan kamar mandi berikutnya adalah menggosoknya. Lumuri permukaan dengan pembersih kamar mandi dan diamkan selama lima menit, kemudian ambil sikat gigi bekas atau sikat nat untuk menggosok kotoran.

Hidrogen peroksida bekerja sangat baik menghilangkan buih sabun, bakteri, mineral, dan penumpukan jamur.

Buatlah ramuan pembersih saluran pembuangan kamar mandi sendiri dengan mencampurkan 59 mililiter hidrogen peroksida dengan 59 mililiter air dan satu sendok makan cairan pencuci piring. 

Baca juga: 6 Hal yang Tidak Boleh Dibuang ke Saluran Pembuangan Wastafel

  • Bilas dengan baik

Selanjutnya, cara membersihkan saluran pembuangan kamar mandi adalah membilasnya dengan baik. Setelah menggosok semua bagian saluran pembuangan, bilas kotoran yang menempel dengan air panas dari shower Anda dan pasang kembali penutupnya.

Pipa PVC memiliki kapasitas panas maksimum sekitar 60 derajat Celsius. Hindari mengalirkan air mendidih (yang bersuhu 100 derajat Celsius) ke saluran pembuangan kamar mandi jika Anda memiliki pipa PVC atau tidak yakin dengan bahan pipa untuk mencegah distorsi serta ledakan. 

Baca juga: 6 Penyebab Saluran Pembuangan Kamar Mandi Bau Telur Busuk

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com