Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Penyebab Daun Tanaman Lucky Bamboo Menguning dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 29/10/2023, 10:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman bambu keberuntungan atau lucky bamboo (Dracaena sanderiana) adalah salah satu tanaman hias populer yang dirawat di dalam ruangan.

Tanaman lucky bamboo memiliki perawatan sangat mudah, hanya membutuhkan sinar matahari tidak langsung untuk tumbuh subur. 

Baca juga: Panduan Merawat Tanaman Lucky Bamboo agar Tumbuh Subur

Tanaman hias ini dapat ditanam di tanah atau dalam pot berisi air dan kerikil untuk drainase. Terkadang, daun lucky bamboo bis menguning. Ada sejumlah penyebab tanaman lucky bamboo menguning. 

Dilansir dari The Spruce, Minggu (29/10/2023), berikut sejumlah penyebab daun tanaman lucky bamboo menguning dan cara mengatasinya.

Terlalu banyak sinar matahari

Ilustrasi tanaman lucky bamboo atau bambu keberuntungan.Shutterstock/Victoria Romanchenko Ilustrasi tanaman lucky bamboo atau bambu keberuntungan.
Biasanya, kita menganggap paparan sinar matahari baik untuk tanaman. Namun, terlalu banyak paparan sinar matahari langsung dapat menyebabkan daun lucky bamboo menguning, bahkan menjadi kering dan renyah.

Memindahkan tanaman lucky bamboo ke lokasi yang terkena sinar matahari tidak langsung dapat membantu mengatasi masalah ini. Pangkas juga daun yang rusak untuk mendorong pertumbuhan baru. 

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Lucky Bamboo di Dalam Ruangan

Penyiraman berlebihan

Selanjutnya, penyebab daun tanaman lucky bamboo menguning adalah penyiraman berlebihan. Hal ini lebih sulit uditentukan karena beberapa orang menanam tanaman bambu keberuntungan dalam wadah berisi air dengan kerikil.

Daunnya juga bisa menguning jika airnya tidak dijaga agar tetap segar. Jika menanam lucky bamboo di dalam air dan kerikil sebagai pengganti tanah pot, pastikan mengganti airnya sesering mungkin (setidaknya seminggu sekali).

Pemupukan berlebihan

Terlalu banyak pupuk dapat menyebabkan perubahan warna pada daun lucky bamboo menguning. Tanaman bambu keberuntungan tidak benar-benar membutuhkan lebih dari setetes pupuk cair sebulan sekali dan itu pun tidak terlalu diperlukan.

Jika memiliki campuran pot berkualitas baik dengan drainase baik, ini akan memberikan semua nutrisi yang diperlukan untuk tanaman lucky bamboo.  

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Meletakkan Lucky Bamboo di Rumah

Air yang keras

Ilustrasi tanaman bambu keberuntungan.Shutterstock/New Africa Ilustrasi tanaman bambu keberuntungan.
Air keran yang mengandung bahan kimia bisa menjadi penyebab daun tanaman lucky bamboo menguning. Ada beberapa cara menghindarinya, seperti membeli air suling atau tampung air hujan segar untuk digunakan menyiram tanaman lucky bamboo. 

 

Bisa pula mendiamkan air keran setidaknya satu jam setelah mengisi wadah, yang memungkinkan klorin dan bahan kimia lainnya menghilang ke udara.

Perubahan suhu mendadak

Jika tanaman bambu keberuntungan terletak di dekat jendela atau pintu, suhu musim dingin dapat menyebabkan tanaman terpapar angin dingin secara tiba-tiba.

Hal ini dapat membuat tanaman stres dan menyebabkan daun lucky bamboo menguning. Demikian pula, peningkatan panas yang tiba-tiba (karena kenaikan suhu di luar ruangan tau pemanasan di dalam ruangan) dapat menimbulkan efek ini.

Pindahkan tanaman bambu keberuntungan ke tempat yang tidak terkena perubahan suhu yang tiba-tiba dan ini akan mengatasi masalah tersebut. 

Baca juga: Cara Merawat Lucky Bamboo, Tanaman Pembawa Keberuntungan di Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com