Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jenis Tanaman yang Cocok Diletakkan di Ambang Jendela

Kompas.com - 26/10/2023, 07:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Weekand

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman jendela atau  ambang jendela dapat menjadi tempat meletakkan tanaman hias. Anda bisa meletakkan kotak atau pot tanaman di jendela dalam ruangan maupun luar.

Namun, pastikan kotak tanaman harus menghadap ke selatan atau timur untuk memastikan tanaman mendapatkan sinar matahari sebanyak mungkin, terutama selama bulan-bulan musim dingin. 

Baca juga: 3 Penyebab Tanaman Laba-laba Mati dan Cara Mencegahnya

Jenis tanaman yang digunakan untuk diletakkan di ambang jendela tergantung pada kebutuhan tanaman dan ruang.

Tanaman bunga dan merambat sebaiknya digantung di jendela luar rumah, sementara taman herbal dalam ruangan sehingga Anda bisa memanfaatkannya sepanjang tahun.

Saat menyusun tanaman untuk ambang jendela, perlu mempertimbangkan ruang untuk tumbuh serta bentuk, ukuran, dan warna tanaman. 

Dikutip dari Weekand, Kamis (26/10/2023), berikut sejumlah tanaman yang cocok diletakkan di ambang jendela.  

Baca juga: 5 Tanaman Herbal yang Cantik dan Harum untuk Dekorasi Rumah

Bunga dan tanaman hijau

Ilustrasi bunga pansy.Shutterstock/Jerry Gantar Ilustrasi bunga pansy.
Jika menginginkan bunga berwarna-warni, Anda mungkin perlu mengganti tanaman setiap dua hingga tiga bulan karena tanaman yang berbeda mekar pada waktu berbeda.

Namun, jika puas dengan warna hijau hampir sepanjang tahun, Anda bisa memilih satu jenis tanaman berbunga dan membiarkannya.

Apa pun itu, carilah tanaman bunga yang lebih kecil, seperti bunga pansy (Viola tricolor var. hortensis) atau snapdragon (Antirrhinum majus).

Tanaman ini menghasilkan bunga besar untuk ukurannya yang kecil dan sangat berwarna-warni, memberikan banyak variasi visual untuk amabng jendela dengan hanya beberapa tanaman. 

Baca juga: Jangan Cepat Dibuang, 6 Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman dan Kebun

Taman herbal

Ilustrasi tanaman herbal di dalam rumah.SHUTTERSTOCK/CHRISTINE BIRD Ilustrasi tanaman herbal di dalam rumah.

Selanjutnya, tanaman yang cocok diletakkan di ambang jendela adalah tanaman herbal. Peterseli (Petroselinum crispum), oregano (Origanum vulgare), kemangi (Ocimum basilicum) dan rosemary (Rosamrinus officinalis) adalah pilihan sangat baik untuk taman herbal dalam ruangan.

Namun, Grace Bonney, yang menulis untuk Design Change, merekomendasikan menanam tidak lebih dari empat tanaman herbal per kotak berukuran 24 x 6 inci.

Better Homes and Gardens dan Organic Gardening memperingatkan bahwa menggabungkan tanaman herbal dalam satu kotak penanam yang sama berarti tanaman tersebut harus memiliki kebutuhan sinar matahari serta kelembapan yang sama.  

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Dapat Memberi Ketenangan di Kamar Tidur

Tanaman sayur kecil 

Terakhir, tanaman yang cocok diletakkan di ambang jendela adalah tanaman sayur. Jika jendela mendapat banyak sinar matahari langsung, setidaknya enam jam per hari, Anda isa berhasil menanam beberapa sayuran di ambang jendela.

Apabila memiliki banyak ruang dan sinar matahari, tomat (Solanum lycopersicum), mentimun (Cucumus sativus), dan buncis (Phaseolus vulgaris), menjadi pilihan ideal untuk tanaman sayur di ambang jendela. 

Buncis, yang lebih pendek dan membutuhkan penyangga minimal, lebih cocok untuk taman kotak jendela karena buncis yang tumbuh lebih cepat membutuhkan penyangga eksternal, seperti teralis.

Jika Anda memiliki lebih sedikit ruang yang tersedia, pertimbangkan menanam selada daun (Lactuca sativa) atau lobak (Raphanus sativus) sebagai gantinya.

Sayuran yang ditanam di ambang jendela membutuhkan pemupukan dan penyiraman secara teratur untuk memastikan panen yang sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com