Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/10/2023, 19:05 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comAlat pemadam api ringan atau APAR merupakan salah satu perlengkapan keamanan yang harus ada di rumah.

Sesuai dengan namanya, alat ini berguna untuk memadamkan api di rumah. Dengan adanya alat ini, maka Anda bisa mengatasi kebakaran yang terjadi di rumah.

Sayangnya, masih banyak diantara kita yang belum mengetahui pentingnya alat pemadam kebakaran di rumah. Dilansir dari Fire Armour, Rabu (25/10/2023), berikut ini manfaat memiliki alat pemadam kebakaran di rumah.

Baca juga: Hati-hati, Ini 5 Penyebab Kebakaran Rumah dan Cara Mencegahnya

Bisa mengatasi kebakaran kecil dengan cepat

Alat pemadam kebakaran di rumah bisa membantu mengatasi kebakaran kecil yang terjadi di rumah. Sebab, di dalam ini terdapat bahan kimia yang diformulasikan sedemikian rupa untuk memadamkan api.

Dengan menggunakan alat pemadam api ringan, maka kebakaran tidak akan menyebar luas dan mengakibatkan kerugian yang besar.

Memberikan keamanan saat memasak

Ilustrasi alat pemadam api ringan (APAR) .SHUTTERSTOCK/WISAWA222 Ilustrasi alat pemadam api ringan (APAR) .

Pentingnya alat pemadam kebakaran di rumah selanjutnya yaitu memberikan keamanan saat Anda sedang memasak. Pasalnya, alat ini biasanya di dapur atau area yang berpotensi terjadi kebakaran.

Adanya alat ini membuat Anda bisa memadamkan api secepat mungkin saat terjadi kebakaran di dapur.

Baca juga: Cegah Kebakaran, 6 Tempat Aman Meletakkan Lilin Aromaterapi di Rumah

Melindungi barang berharga

Kebakaran bisa membuat barang berharga hangus dan lenyap. Tentu saja hal ini sangat merugikan, terlebih jika barang berharga tersebut sulit Anda dapatkan kembali seperti ijazah atau surat-surat penting lainnya.

Alat pemadam kebakaran bisa mencegah kehilangan barang berharga karena saat terjadi kebakaran bisa segera ditangani, sebelum kebakaran menyebar dan membesar.

Melindungi keluarga di rumah

Tak hanya mengancam kehilangan barang-barang berharga, kebakaran juga berisiko menghilangkan nyawa. Maka dari itu, segala bentuk alat keamanan harus ada di rumah, tak terkecuali alat pemadam kebakaran.

Memiliki alat pemadam kebakaran di rumah menjadi salah satu cara melindungi keluarga di rumah dari bahaya kebakaran. Dengan demikian, keselamatan keluarga lebih terjamin.

Baca juga: Hal yang Harus Kamu Lakukan Saat Terjadi Kebakaran

Membuat pikiran lebih tenang

Pentingnya alat pemadam kebakaran di rumah lainnya bisa membuat pikiran lebih tenang. Alat pemadam kebakaran berfungsi sebagai jaminan bahwa Anda siap menghadapi keadaan darurat.

Kesiapan ini tak hanya mencegah risiko buruk, namun juga bisa memberikan ketenangan pikiran dan membuat keluarga lebih terlindungi.

Itulah beberapa pentingnya memiliki alat pemadam kebakaran di rumah. Alat keamanan tersebut bisa ditempatkan di area yang berisiko terjadi kebakaran seperti dapur dan area yang mudah terjangkau.

Selain memiliki alat pemadam api di rumah, Anda dan keluarga juga perlu memiliki keahlian untuk menggunakan alat tersebut agar berfungsi dengan baik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com