Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Membasmi Lalat di Luar Ruangan, Dijamin Enggak Masuk ke Rumah

Kompas.com - 18/10/2023, 22:26 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lalat adalah serangga omnivora yang berasal dari ordo Diptera. Lalat memakan sisa makanan, makanan manis, kotoran, dan sampah.

Lalat juga tertarik pada sumber makanan dan air serta tempat-tempat hangat dan lembap sehingga sering dijumpai di sekitar rumah, baik di luar maupun dalam ruangan. 

Baca juga: Cara Mengusir Lalat di Rumah Pakai Garam dan Kunyit

Namun, lalat banyak ditemui di luar ruangan atau rumah lantaran banyaknya sumber makanan, seperti tempat sampah dan kotoran.

Serangga ini dapat membawa kuman yang menyebabkan penyakit sehingga penting segera membasmi lalat di luar ruangan sebelum masuk ke hunian. 

Dilansir dari Martha Stewart, Rabu (18/10/2023), berikut enam cara membasmi lalat di luar ruangan.

Perangkap lalat

Ilustrasi perangkap lalat buahShutterstock/Pixel-Shot Ilustrasi perangkap lalat buah
Perangkap lalat merupakan cara efektif mengurangi dan membasmi populasi lalat di luar ruangan. Perangkap ini bisa diletakkan di mana saja, seperti teras dan taman. 

Perangkap bekerja dengan cara memikat lalat ke dalam perangkap menggunakan umpan yang disukai serangga ini, seperti daging busuk atau senyawa organik lainnya, yaitu putresin dan kadaverin untuk menarik perhatian lalat.

Setelah itu, perangkap akan menahan lalat untuk tetap berada di dalamnya dan tidak dapat kabur. Periksa perangkap secara teratur untuk membuang lalat yang telah terperangkap. 

Baca juga: Ingin Membasmi Lalat di Rumah? Tanam 9 Tanaman Ini

Fly tape

Fly tape juga menjadi cara membasmi lalat di luar ruangan. Fly tape dirancang khusus untuk menarik perilaku lalat, yaitu perilaku yang suka hinggap di benda-benda menjuntai saat beristirahat.

Fly tape biasanya berbentuk gulungan dan digantung di tempat yang sering dilalui lalat dan biasanya berwarna cerah bersinar yang dapat menarik perhatian lalat.

Selain itu, fly tape memiliki perekat yang kuat untuk menjebak lalat saat mereka hinggap di atasnya.

Jika Anda menggunakan fly tape, gantilah secara teratur karena akan menjadi kurang efektif seiring waktu karena perekatnya menjadi kotor dan lengket. 

Baca juga: 4 Cara Mengusir Lalat dari Rumah dengan Bahan Alami

Pelihara laba-laba

Ilustrasi laba-labaUnsplash/Dev Leigh Ilustrasi laba-laba
Selanjutnya, cara ampuh membasmi lalat di luar ruangan adalah memelihara laba-laba. Cara ini cukup berbeda, tetapi Anda dapat mencobanya.

Pelihara laba-laba dari toko hewan peliharaan dan konsultasikan terlebih dahulu pada dokter hewan atau tenaga ahli profesional.

Laba-laba dapat dimanfaatkan untuk membasmi lalat dari rumah karena merupakan predator alami lalat. Laba-laba dapat memakan lalat, nyamuk, dan serangga lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com