Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Membersihkan Paving Block Pakai Cuka, Kenapa?

Kompas.com - 13/10/2023, 18:21 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuka tidak hanya untuk memasak, tetapi juga berguna sebagai produk pembersih. Hal ini karena cuka sangat efektif, lantaran mengandung sekitar 5 persen asam asetat.

Dikutip dari House Digest, Jumat (13/3/2023), cuka dapat menghilangkan noda membandel seperti minyak, kotoran, dan minyak. Cuka menghilangkan kotoran dan bahkan dapat bertindak sebagai disinfektan untuk beberapa bakteri dan virus.

Namun, hal yang membuat cuka menjadi pembersih yang baik juga merupakan hal yang dapat merusak paving block di teras atau halaman rumah. Secara khusus, asam dapat merusak material paving block.

Baca juga: 4 Cara Mengecat Paving Block agar Tampilannya Lebih Menarik

Ilustrasi paving block tanah liat atau batu bata. SHUTTERSTOCK/CAPTUREANDCOMPOSE Ilustrasi paving block tanah liat atau batu bata.

Anda mungkin tergoda untuk menggunakan larutan cuka untuk membersihkan paving block. Pertama, harganya murah dan mudah didapat.

Kedua, paving block cenderung mudah ternoda karena unsur-unsurnya, dan asam mungkin merupakan ide bagus untuk menghilangkan noda membandel. Dan terakhir, cuka diketahui dapat membantu mengatasi jamur dan lumut.

Akan tetapi, sebaiknya jangan menggunakan cuka untuk membersihkan paving block. Karena banyaknya kandungan asam, cuka tidak disarankan digunakan pada batu alam.

Hal itu karena akan menimbulkan reaksi kimia dengan bahan yang akan menyebabkan kusam, terbakar, atau tergores. Lebih buruk lagi, hal ini dapat membahayakan integritas permukaan, yang pada akhirnya menyebabkan paving block terkelupas, bopeng, dan retak.

Baca juga: Simak, Kelebihan dan Kekurangan Paving Block Tanah Liat

Itu karena asam akan menggerogoti lapisan penutup, membuat batu di bawahnya terkena elemen dan keausan umum pada penggunaan teras. Artinya, jika Anda memiliki paving block yang terbuat dari semen, batu bata, batu kapur, atau tanah liat, cuka tidak boleh digunakan.

Sebagai gantinya, gunakan pembersih netral dengan tingkat pH 7 ke atas untuk memastikan Anda tidak mengubah warna paving block secara tidak sengaja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com