Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membasmi Lumut dari Paving Block dengan Bahan Alami

Kompas.com - 10/11/2022, 11:32 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Paving block yang berada di luar rumah kerap dalam kondisi lembap. Hal ini membuat lumut rentan menempal di san. 

Selain memperburuk tampilan paving block, keberadaan lumut juga bisa mendatang risiko bahaya tergelincir saat hujan turun karena teksturnya menjadi lebih licin. 

Baca juga: Simak, Cara Menghilangkan Lumut di Dinding Teras Rumah

Menghilangkan lumut dari paving block dan jalan masuk ke rumah bisa menjadi tugas sulit. Ada beberapa metode yang bisa dicoba, tergantung pada tingkat keparahan masalah lumut.

Dilansir dari The Express, Kamis (10/11/2022), penata taman di Green Acres mengatakan lumut dapat tumbuh di mana saja. Selama ada cukup cahaya, kelembapan, dan nutrisi lumut dapat tumbuh serta berkembang.

Lumut dapat tumbuh di hampir semua permukaan rumah, seperti halaman rumput, atap, dinding, jalan masuk, trotoar, dan dek.

Sebagai alternatif dari solusi menghilangkan lumut, para ahli menyarankan menggunakan pemutih. Namun, gunakan secara hati-hati untuk menghindarinya menodai trotoar.

Untuk menggunakan metode ini, campurkan sekitar 20 ons pemutih dan lima liter air, lalu tuangkan campuran tersebut ke dalam botol semprot, dan gunakan untuk menyemprot taman.

Biarkan pemutih selama 15 menit agar meresap ke dalam lumut sebelum membilasnya dengan air hangat. 

Baca juga: Lumut Dapat Dijadikan Sebagai Media Tanam, Ini Manfaatnya

Gunakan baking soda dan cuka

Ilustrasi baking soda. Shutterstock/Geo-grafika Ilustrasi baking soda.
Selain pemutih, para ahli merekomendasikan menggunakan baking soda untuk menghilangkan lumut dari paving blok.

Baking soda adalah salah satu bahan efektif menghilangkan ganggang dan lumut. Baking soda bekerja dengan meningkatkan level Ph, sedangkan lumut lebih suka tumbuh pada tingkat Ph sekitar lima sampai enam dan akan mati jika jauh di atas itu. 

Untuk memanfaatkannya, oleskan baking soda ke area yang terdapat lumut, lalu biarkan meresap selama beberapa jam. 

Baca juga: Jangan Gunakan Baking Soda untuk Bersihkan 4 Permukaan Ini

Sebaiknya melakukan metode ini pada hari yang kering karena kelembapan yang ada di area lembap dapat mencegah baking soda bekerja membasmi lumut. 

Cuka putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan lumut dari paving block. Cuka adalah pembersih alternatif untuk membersihkan jalan masuk beton dan membasmi lumut yang hemat biaya serta mudah dibuat di rumah. 

Untuk melakukan metode ini, campurkan cuka dan air hangat dengan perbandingan sama. Tuangkan larutan ke dalam botol semprot atau penyemprot taman untuk aplikasi yang mudah ke jalan masuk beton Anda. 

Baca juga: Cara Membuat Sabun Cuci Piring Pakai Baking Soda

Semprotkan cuka pada lumut, ganggang, dan gulma yang mengganggu. Biarkan larutan bekerja selama beberapa jam sebelum menghilangkan lumut dan gulma mati dengan sapu dorong atau tangan menggunakan sarung tangan karet.

Namun, berhati-hati untuk tidak menyemprot tanaman lain di area tersebut karena cuka bisa mengeringkan dan membunuh kehidupan tanaman yang bersentuhan dengannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com